BMKG: Tanjungpinang dan Sekitarnya Berpotensi Hujan Ringan hingga Sedang Tiga Hari ke Depan

Kantor BMKG Tanjungpinang. (Yuki)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG, cuaca di wilayah Tanjungpinang diperkirakan akan berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang dalam tiga hari ke depan. Hujan diprediksi terjadi terutama pada pagi dan siang hari, dengan sifat lokal atau tidak merata.

“Suhu udara di wilayah ini berkisar antara 24 hingga 32 °C, dengan tingkat kelembapan mencapai 65 hingga 95 persen. Sementara itu, angin diprakirakan akan bertiup dari arah Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan antara 5 hingga 30 km/jam,” jelas, Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Rizqi Nur Fitriani, Selasa (27/08).

Ia menjelaskan bahwa peningkatan potensi hujan ini dipengaruhi oleh Madden-Julian Oscillation (MJO) yang saat ini berada pada fase 3. Kondisi ini berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia, termasuk di Tanjungpinang dan sekitarnya.

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Tanjungpinang, Sabtu Ini: Waspada Potensi Hujan pada Siang dan Sore Hari

“Selain itu, daerah pertemuan angin (konvergensi) dan daerah belokan angin (shearline) terpantau di wilayah Kepulauan Riau. Hal ini menyebabkan perlambatan massa udara, yang berdampak pada pertumbuhan awan konvektif penghasil hujan,” tambahnya.

Dengan kondisi cuaca seperti ini, masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya hujan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *