Gubernur Kepri Instruksikan Percepatan Vaksin Polio: Target 95% Harus Tercapai

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat meneteskan vaksin polio kepada seorang balita di Posyandu Harum Jaya, Tanjungpinang, Kamis (22/8). (Foto2: Diskominfo Kepri)

KEPRI, RADARSATU.COM – Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, turun langsung ke lapangan untuk mengevaluasi dan meninjau pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau.

Evaluasi ini dilakukan di Posyandu Harum Jaya, Tanjungpinang, Kamis (22/8), sebagai bagian dari upaya Pemerintah Provinsi Kepri untuk memastikan bahwa target imunisasi polio di seluruh wilayah tercapai.

Dalam arahannya ke seluruh kabupaten dan kota melalui daring, Gubernur Ansar Ahmad menekankan pentingnya program imunisasi polio sebagai langkah preventif untuk mencegah penyakit yang tidak bisa disembuhkan ini.

“Polio adalah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dicegah. Mencegahnya harus kita lakukan melalui vaksin polio secara dini untuk anak-anak balita dan bayi berumur 0 sampai 7 tahun. Ini adalah kewajiban kita semua,” ujar Gubernur Ansar.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad foto bersama orang tua balita yang.menerima vaksin polio.

Gubernur Ansar juga menyoroti pentingnya akurasi data dalam pelaksanaan imunisasi ini. “Kemarin capaian kita baru 74% lebih, berada di urutan keempat terbawah dari 38 provinsi. Padahal vaksin Covid sebelumnya kita selalu berada di urutan pertama atau minimal urutan ketiga. Maka dari itu, kita wajib mengejar capaian ini hingga mencapai 95% untuk vaksin polio dosis 1,” tambahnya.

Baca Juga :  PT Timah Akan Beroperasi di Lingga, Ketua IMKL Kota Tanjungpinang Beri Masukkan ke Pemerintah

Ia mengingatkan bahwa pelaksanaan imunisasi harus dilakukan dengan sungguh-sungguh oleh setiap pemerintah kabupaten/kota. Gubernur Ansar memberikan peringatan tegas kepada pemerintah daerah yang tidak serius dalam menjalankan program ini.

“Jika kita tidak melaksanakan ini dengan maksimal, pemerintah bisa menuntut kita secara hukum. Maka, saya ingatkan kepada seluruh jajaran untuk benar-benar memperhatikan pelaksanaan imunisasi ini,” tegas Gubernur Ansar.

Berdasarkan data yang ada, beberapa daerah menunjukkan peningkatan signifikan dalam capaian imunisasi, namun masih ada beberapa daerah yang perlu bekerja lebih keras.

Baca Juga :  Program Pinjaman Modal UMKM Tanpa Bunga Pemprov Kepri, Solusi Nyata untuk UMKM Naik Kelas
Tim.medis dan orang tua balita foto bersama Gubernur Kepri Ansar Ahmad usai memberikan vaksin polio.

Di Bintan, capaian sudah naik menjadi 87,2%, dan Anambas mencapai 83,4%. Namun, di Lingga capaiannya masih 79,7%, Tanjungpinang 76,4%, Karimun 75,6%, Batam 73,5%, dan Natuna baru mencapai 72,8%. Gubernur Ansar menekankan bahwa semua daerah harus mengejar target minimal 95% sesuai dengan yang ditetapkan.

Secara total, capaian imunisasi di Provinsi Kepulauan Riau baru mencapai 75,5%, masih jauh dari target 95%. Untuk itu, Gubernur Ansar meminta seluruh jajaran pemerintah daerah untuk memastikan setiap anak di wilayahnya mendapatkan vaksin polio, baik dosis 1 maupun dosis 2.

Capaian dosis 2 di Kepulauan Riau saat ini baru mencapai 42%, dengan capaian tertinggi di Karimun 55,5%, diikuti Anambas 54,7%, Lingga 53,2%, Tanjungpinang 49,1%, dan Bintan 43,3%. Batam dan Natuna masih menunjukkan capaian yang cukup rendah, masing-masing 38,7% dan 11,7%.

Baca Juga :  Kepri Lantern Dream Parade Diharapkan Tingkatkan Wisman Tanjungpinang

Gubernur Ansar juga menyampaikan bahwa angka 95% ini harusnya sudah dicapai pada tanggal 19 Agustus 2024, namun hingga saat ini Provinsi Kepri masih berada di bawah target.

Oleh karena itu, ia meminta seluruh pihak terkait untuk bekerja lebih keras dan memastikan setiap anak di Provinsi Kepri mendapatkan haknya untuk hidup sehat dengan melakukan imunisasi polio. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *