Instrumen UKBI Adaptif Merdeka Diuji Coba di Kepri

Uji coba UKBI Adaptif Merdeka di Kepri. (Foto: Chairuddin)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Kantor Bahasa Kepulauan Riau (Kepri) mengujicobakan instrumen Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka tahun 2024, Selasa (20/08) dan Rabu (21/08).

Uji coba itu berlangsung di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Tanjungpinang. Sebanyak 30 peserta yang berasal dari berbagai instansi mulai dari pelajar, pegawai, hingga jurnalis turut mengikuti uji coba tersebut.

Kepala Kantor Bahasa Kepri, Rahmat mengatakan, sejak peluncurannya pada tanggal 29 Januari 2021 sampai dengan Juni 2024, UKBI Adaptif telah diujikan kepada 808.664 peserta uji.

Baca Juga :  [Breaking News] Polisi Geledah Kantor BP Batam

Jumlah itu tentu terus bertambah seiring dengan penyebarluasan informasi dan pelaksanaan UKBI Adaptif di berbagai provinsi.

“Pelaksanaan UKBI Adaptif yang masif itu tentu harus beriring dengan bank soal yang memadai. Dalam prosesnya, terdapat tahap uji coba soal yang tahun ini kantor bahasa di seluruh Indonesia laksanakan,” katanya.

Tujuan kegiatan ini antara lain untuk melakukan validasi empiris terhadap soal-soal UKBI yang telah baku dalam sidang pembakuan UKBI tahun 2024.

Pada tahun 2024 ini jumlah peserta uji coba soal adalah 1.146 orang dari beragam profesi. Pelajar SMP/SMA, guru, mahasiswa, dosen, karyawan negeri/swasta, penulis, wartawan, penyiar, penerjemah, pamong budaya museum, pramu museum, dan administrator merupakan profesi.

Baca Juga :  PLN Icon Plus Hadirkan Iconnet Hingga ke Pelosok Desa Pasiran Poyotomo Kepri

Rahmat melanjutkan, Kantor Bahasa Kepri mengujicobakan UKBI tersebut pada 30 orang yang menjadi peserta dalam dua hari kegiatan.

“Uji Coba Soal UKBI di Kepri pada 20 dan 21 Agustus 2024 bertempat di Lab Multimedia SMPN 4 Tanjungpinang,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *