Radarsatu.com Isi Pelatihan Jurnalistik untuk Siswa dan Siswi MAN Bintan

Pelatihan jurnalistik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (12/08). (Foto: dok. MAN Bintan)

BINTAN, RADARSATU.COM- Salah satu wartawan Radarsatu.com, Muhammad Chairuddin memberikan pelatihan jurnalistik untuk para siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (12/08).

Pelatihan itu merupakan inisiatif dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MAN Bintan yang mengangkat tema “Membangun Kreativitas Siswa MAN Bintan dalam Keterampilan Jurnalistik”.

Pembina OSIS MAN Bintan, Sarkawi mengungkapkan, pihaknya menggelar pelatihan itu dan mengundang Radarsatu.com agar dapat saling berbagi ilmu perihal jurnalistik. Terutama, dalam penulisan naskah berita.

“Tujuannya adalah menambah pengetahuan dan kreativitas siswa melalui bidang jurnalistik,” katanya.

Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk mengasah kemampuan siswa dalam bidang kepenulisan berita.

Baca Juga :  Penerapan Kurikulum Merdeka di Tanjungpinang Hadapi Berbagai Hambatan

“Ini juga untuk meningkatkan kualitas berita yang selalu kami update di website sekolah,” tuturnya.

Setidaknya terdapat 35 siswa yang menjadi peserta pada pelatihan tersebut. Mereka adalah perwakilan dari setiap ektrakurikuler di MAN Bintan.

Kepala MAN Bintan, Zulfahmi juga menuturkan hal serupa. Menurutnya, pelatihan itu merupakan kesempatan bagus untuk perkembangan para peserta didik.

Ia berharap, para siswa MAN Bintan yang menjadi peserta dapat mengikutinya dengan baik dan menerapkannya.

“Harapannya, pelatihan ini dapat berjalan dan diikuti dengan baik. Kemudian, dapat bermanfaat dan diterapkan di sekolah,” ucapnya.

Sementara itu, Muhammad Chairuddin selalu pemateri mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, para peserta sangat antusias dan tertarik pada dunia jurnalistik.

Baca Juga :  Cek Kesiapan Tes CASN 2021, Wabup Lingga Minta Peserta Berusaha Maksimal

Maka, penting adanya wadah atau sarana yang dapat menyalurkan minat para peserta didik tersebut.

“Kegiatan ini bukan hanya tentang teori, tetapi juga praktik. Saya berharap para siswa bisa langsung mengaplikasikan apa yang mereka pelajari dan mengembangkan keterampilan mereka dalam dunia jurnalistik,” ucapnya.

“Ini merupakan langkah awal yang penting untuk mereka memahami cara menyampaikan berita dengan profesional dan akurat,” tambah Chairuddin.

Selain itu, Ia menilai pelatihan jurnalistik juga akan membantu para siswa mengembangkan kemampuan  berpikir kritis dan menulis. Meskipun nantinya tidak menjadi seorang jurnalis.

Baca Juga :  135 Masyarakat Dapat Sertifikat Gratis dari BPN Lingga

Ia berharap, kegiatan itu akan terus berlangsung dan berkelanjutan dan tidak hanya di MAN Bintan saja. Namun, juga di sekolah lainnya untuk mewadahi minat peserta didik.

“Sekarang era digital, siswa juga perlu ikuti itu. Salah satunya soal pemberitaan baik naskah atau bahkan video,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *