Semarakkan Destinasi Wisata Tanjungpinang, Dispar Kepri Dukung Asosiasi Kopi Nusantara

Isnaini Bayu Wibowo mendeklarasikan terbentuknya Asosiasi Kopi Nusantara (AKN) pada Jum'at (10/08) malam di Festival Kopi Merdeka, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. (Foto: Okta)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Para pegiat kopi dari 7 Kabupaten dan Kota di Kepri resmi mendeklarasikan terbentuknya Asosiasi Kopi Nusantara (AKN) pada Jum’at (10/08) malam di Festival Kopi Merdeka, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Pembacaan deklarasi tersebut menyusul suksesnya agenda Kongres Kopi Nusantara yang sebelumnya digelar di Studio Mini Gedung Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah (SSBA) jalan Ketapang. Diketahui, sebanyak 50 peserta yang hadir dalam kongres tersebut menyepakati dibentuknya asosiasi tersebut.

Para peserta yang hadir ini terdiri dari berbagai kalangan di antaranya pelaku perkebunan kopi, produsen kopi dan pengusaha kopi. Mereka berasal dari 7 kabupaten dan kota di Kepri.

Baca Juga :  Wisata Murah Bintan Ala Gurun Sahara

Kepala Bidang Pengembangan dan Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Afitri Susanti selaku ketua pelaksana kongres menyambut baik terbentuknya asosiasi tersebut.

“Hadir dan terbentuknya Asosiasi Kopi Nusantara ini, sebagai pendukung lahirnya destinasi wisata di Ibu Kota Provinsi Kepri,” katanya.

Iapun berharap, dengan adanya asosiasi ini, dapat menjadi modal awal untuk berkembangnya inovasi kopi di Indonesia, khususnya Kepri.

“Apalagi di dalam asosiasi ini sudah lengkap. Ada dari pelaku yang menyajikan bahan baku, produsen kopi untuk dipasarkan, sampai ke pelaku usaha kedai kopinya,” kata dia.

Baca Juga :  Ansar Ingin Potensi Pariwisata dan Budaya Dapat Berkembang dan Lestari

“Dinas pariwisata Kepri tentu saja mendukung lahirnya asosiasi ini untuk menyemarakkan destinasi wisata, kita mulai dari Tanjungpinang, dari Kepri untuk Indonesia,” tandasnya lagi.

Senada hal itu, Ketua Panitia Festival Kopi Merdeka, Isnaini Wahyu Wibowo merasa bersyukur terbentuknya Asosiasi Kopi Nusantara.

“Alhamdulilah sudah tadi dilakukan kongres, dan telah disepakati untuk dibentuknya Asosiasi Kopi Nusantara,” ujar Bowo yang juga Ketua Tim Perumus AD AKN.

Menurut Bowo, asosiasi kopi ini lahir di ibukota Provinsi Kepri dan siap mendukung pariwisata di Kepri.

Baca Juga :  DPRD dan Warga Kampung Nusantara Tolak Pengukuran Lahan Bekas HGB PT CDA

“Berdasarkan kesepakatan hasil kongres, Joko Yuhono, inisiator Festival Kopi Merdeka diangkat menjadi Presiden Asosiasi Kopi Nusantara,” ujar Bowo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *