Sejahterakan Masyarakat Natuna, Ini Trik Khusus yang Akan dilakukan Cen Sui Lan 

Anggota Komisi V DPR RI, Dapil Kepulauan Riau Cen Sui Lan saat meresmikan proyek di Natuna yang merupakan aspirasi dirinya. (Foto; Ist)

NATUNA, RADARSATU.COM – Anggota Komisi V DPR RI, Dapil Kepulauan Riau Cen Sui Lan ingin menyentuh pembangunan Kabupaten Natuna secara menyeluruh, dengan kebijakan khusus. Upaya Cen Sui Lan bersama Jarmin Sidik itu, demi menyejahterakan masyarakat Natuna.

Terbukti sejak awal 2024 lalu, jalan wisata Pantai Maros di Kabupaten Natuna perbatasan NKRI, sudah berubah menjadi mulus. Cen Sui Lan bahkan meresmikan langsung pembangunan jalan wisata Pantai Maros di Sedanau, Natuna tersebut. Terlebih anggarannya berasal dari dana aspirasi dirinya selaku wakil rakyat.

Tak pelak lagi, pada saat momen peresmian, Cen Sui Lan dan rombongan disambut antusias dan gembira oleh seribuan masyarakat Sedanau. Tak hanya itu, Cen Sui Lan juga peduli dalam membantu kegiatan lainnya seperti PISEW dan bedah rumah di wilayah Kabupaten Natuna. Untuk jangka lima tahun ke depan, Cen Sui Lan ingin menyentuh secara langsung pembangunan di Kabupaten Natuna.

Baca Juga :  Wabup Bintan Bersama Dandim 0315/TPI dan FKPD Tanam 2.000 Bibit Mangrove

Selama ini, menurutnya pembangunan Natuna berjalan lambat. Kepala daerah di Natuna selalu mengeluh dan ada yang beralasan kurangnya dana transfer dari pusat.

Bagi Cen Sui Lan, hal itu bukan menjadi alasan. Sebab sebagai pemimpin yang diberikan amanah oleh rakyat, harus mempunyai pola-pola khusus untuk merealisasikan pembangunan dan menyejahterakan rakyatnya.

Menurut Cen Sui Lan, Kabupaten Natuna merupakan wilayah perbatasan negara yang memiliki banyak pulau dan sudah seharusnya dijaga serta disejahterakan rakyatnya. Terlepas dengan Sumber Daya Alam yang melimpah, potensi-potensi Natuna sudah seharusnya lebih dikembangkan lagi agar menjadi perhatian khusus pemerintah pusat.

“Kondisi itu yang mendorong saya ingin menyentuh Natuna ke depannya. Agar pembangunan lebih cepat, dan mampu menyejahterakan masyarakat Natuna,” kata Cen Sui Lan saat memberikan keterangan, Kamis (1/8) siang.

Baca Juga :  HUT RI ke-79, Pemkab Lingga Launching BPJS Ketenagakerjaan Bagi Pekerja Rentan

Cen Sui Lan ingin menyentuh Natuna, melalui kebijakan khusus dalam pembangunan infrastruktur, ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Pembangun infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan, pelabuhan, dan bandara untuk mendukung konektivitas dan pertumbuhan ekonomi.

“Pembangunan fasilitas-fasilitas tersebut, harus lebih digesa lagi dan tidak bisa hanya mengandalkan APBD yang ada. Jika hanya mengandalkan APBD, upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat akan sulit. Termasuk harga tiket penerbangan Natuna ke Batam maupun ke daerah lain, perlu kita carikan solusinya dengan kebijakan khusus. Agar lebih murah,” sebut Cen Sui Lan.

Begitu pula dengan bansos atau bantuan sosial. Peningkatan mutu pendidikan baik berupa beasiswa). Pelayanan kesehatan, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, harus ditingkatkan.

Anggaran untuk mewujudkan program pembangunan semua sektor itu, lanjut Cen Sui Lan, mesti dikejar atau lobi ke pemerintah pusat. Natuna sebagai daerah yang mempunyai nilai potensi yang besar, harus dipromosikan ke pemerintah pusat. Baik ke DPR RI hingga ke Kementerian-kementerian dan Presiden.

Baca Juga :  Ady Indra Pawennari, Calon Ketua KKSS Kepri; Gagal di Kampung, Sukses Besar di Perantauan

Justru itu, Cen Sui Lan bersama Jarmin Sidik yang telah diberikan kepercayaan oleh Partai Golkar dan Gerindra, semakin kuat untuk maju sebagai calon kepala daerah pada Pilkada 2024 di Kabupaten Natuna.

“Perhubungan, infrastruktur hingga pelabuhan rakyat, kesehatan, pendidikan, keagamaan sektor lainnya harus disentuh dengan kebijakan khusus. Termasuk peningkatan sektor pariwisata dan perikanan yang merupakan potensi besar di Natuna,” demikian disampaikan Cen Sui Lan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *