Pengembangan Pelabuhan Kuala Riau Segera Masuk Tahap Implementasi Penuh

CEO MCC), Ms. Alice Albright saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Kamis (25/7/2024). (Foto2: Diskominfo Kepri)

KEPRI, RADARSATU.COM – Proyek Pengembangan Pelabuhan Kuala Riau (Pelantar I dan II) di Tanjungpinang yang didukung oleh Program Compact II Indonesia oleh Milllennium Challenge Corporation (MCC) asal Amerika Serikat akan memasuki tahap implementasi penuh yang ditandai dengan Entry into Force pada bulan September 2024 yang akan datang.

Dalam rangka melihat langsung perkembangan persiapan dan pelaksanaan kegiatan Program Compact II, Chief Executive Officer Milllennium Challenge Corporation (CEO MCC), Ms. Alice Albright, Direktur Eksekutif MCA-Indonesia II Maurin Sitorus, rombongan Bappenas RI, dan Pemprov Kepri meninjau Pelantar I, Pelantar II, Pelantar Kuning, dan Pasar, pada Kamis (25/7).

Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat komitmen terhadap pelaksanaan program Compact II serta berdiskusi dengan pemangku kepentingan terkait. Sebagai informasi, Program dengan tema “Infrastructure and MSME Financing” ini telah ditandatangani pada 13 April 2023 yang lalu, dan saat ini memasuki tahap ketiga.

Baca Juga :  Pasien Positif COVID-19 Tanjungpinang Bertambah 7 Orang dan Sembuh 3 Orang

Selain mengunjungi Pelabuhan Kuala Riau sebagai lokasi proyek Advancing Transport and Logistics Accessibility Services (ATLAS), rombongan juga mengunjungi pasar sekitar pelabuhan untuk bertemu pelaku UMKM yang menjadi sasaran proyek Micro, Small and Medium Enterprises Finance (MSME Finance).

Direktur Eksekutif MCA-Indonesia II Maurin Sitorus mengatakan kehadiran CEO MCC, Ms. Alice Albright, bertujuan melihat secara nyata fisik perkembangan proyek MCC di Tanjungpinang dengan dua proyek besarnya tersebut.

CEO MCC), Ms. Alice Albright, Direktur Eksekutif MCA-Indonesia II Maurin Sitorus, rombongan Bappenas RI, dan Pemprov Kepri meninjau pelantar 2 Tanjungpinang.

“Tadi kita sudah meninjau langsung pelantar I, II, dan Pelantar Kuning. Juga bertemu pelaku UMKM. Bentuk bantuan UMKM berupa pinjaman dengan bunga rendah dan pelatihan sehingga UMKM akan mampu membuat laporan keuangan standar perbankan dan bisa membuat bisnis plan,” ujarnya.

Baca Juga :  Bahas Kerjasama Sukseskan Pilkada Serentak, Ketua KPU Kepri Sambangi PWI Kepri

Sementara itu, untuk pembangunan fisik pengembangan Pelabuhan Kuala Riau, Maurin mengatakan progresnya tidak seperti pembangunan konstruksi biasa.

“Tahapan entry force di September 2024 nanti dan kita sudah memasuki tahapan ketiga, yang paling sulit tahap pertama dan kedua sudah kita lewati. Dengan menggandeng private sector, butuh waktu sedikit lebih lama dari konstruksi biasanya,” jelas Maurin.

Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad pun menyambut kedatangan rombongan MCC, MCA Indonesia II, dan Bappenas dengan penuh suka cita. Ia pun mengatakan Pemda harus pula membuktikan keseriusan dalam implementasi proyek tersebut.

Baca Juga :  Polisi Hadir di Sekolah Tanjungpinang, Guna Sosialisasikan Ketertiban Lalu Lintas

“Terima kasih kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Bappenas yang sejak awal telah memfasilitasi, kepada MCC, MCA Indonesia II, juga tim konsultan pendamping karena keterbatasan pengalaman di kepelabuhanan” ungkapnya.

Gubernur menyampaikan ini adalah program yang sangat bagus. Karena meringankan beban pemerintah dalam hal ini APBN maupun APBD.

Kita akan terus mendukung dan mengikuti prosesnya sampai selesai. Tidak menutup kemungkinan diperluas dengan proyek-proyek yang lain” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *