Gurihnya Ikan Salai Bang Was di Sentra Pasar Rakyat Ranai

Wasli alias Bang Was, pengrajin dan pengusaha ikan salai Natuna. (Foto2: Daeng Murdifin)

NATUNA RADARSATU.COM – Ikan Salai atau ikan asap, oleh-oleh khas Natuna dapat ditemui di Sentra Ikan Salai yang berada di Komplek Pasar Rakyat Ranai.

Waslih, salah satu pengusaha yang memiliki lapak olahan ikan di Sentra Ikan Salai Pasar Rakyat Ranai, saat ditemui radarsatu.com, Kamis (25/7/2024). mengatakan, “Selama 7 tahun terakhir saya dan keluarga menekuni usaha olahan ikan asap, Alhamdulillah bisa menunjang ekonomi keluarga,” ungkap Wasli yang oleh warga sekitar pasar dipanggil Bang Was.

Selain dapat menambah pendapatan keluarga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, Bang Was mengatakan banyak tamu yang datang dari luar Natuna mencari oleh-oleh untuk mereka bawa pulang.

Baca Juga :  Pemko Tanjungpinang Bagikan 35.090 Paket Sembako

Menurut Bang Was, ikan salai salah satu produk olahan yang sederhana dan mudah dikerjakan, dan memiliki prospek ekonomi kedepan yang baik.

Olahan ikan yang diasap atau biasa dikenal di Natuna ikan salai yang baik adalah ikan tongkol isi putih, ikan tongkol isi merah juga banyak penggemar dan peminat.

Lapak Wasli, pengrajin ikan salai Natuna di Sentra Ikan Salai Pasar Rakyat Ranai.

Selain ikan tongkol, Bang Was juga mengolah jenis ikan yang lain untuk di Salai, jika ada pesanan pembeli.

Menurut Bang Was, hasil penjualannya tidak menentu, di bulan terakhir ini hasil jualan tidak stabil sebab pembeli hanya lokal, pihaknya hanya menerima pesanan sebagai buah tangan untuk dikirim ke luar daerah sebagai oleh-oleh keluarga pemesan.

Baca Juga :  Beberap Daerah di Kepri Mengalami Kenaikan Harga Telur Yang Bervariasi

Karena belum ada permintaan pasar diluar Daerah yang dapat menampung produknya, saat ini produksi hanya sebatas permintaan pembeli lokal yg terbatas.

Menurut Bang Waz, Sentra Ikan Salai di Pasar Rakyat yang ditempati oleh keluarganya, lengkap dengan fasilitas alat-alat produksi, seperti dapur pengasapan, pengepakan, vakum, prezer, lemari es, colbox dan lain lain.

Harapan Bang Was kedepan, pihak Pemerintah Kabupaten Natuna dapat melihat olahan ikan Salai menjadi salah satu produk komoditas rakyat yang potensial untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan dapat menumbuhkan UMKM dan industri olahan hasil laut di Natuna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *