Pekerja yang Hilang saat Mengecat Tongkang di Batam Ditemukan

Proses evakuasi korban. (Foto: Basarnas Tanjungpinang)

BATAM, RADARSATU.COM – Tim SAR Gabungan menemukan Ansgarius Laba Wato (22), pekerja yang terjatuh ke laut saat melakukan pengecetan kapal Tongkang Buana Jaya di Jetty Buana Cipta Mandala, Kabil, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (22/07) sore kemarin.

“Tim SAR menemukan Ansgarius dalam kondisi tak bernyawa pada hari Selasa (23/07) pukul 16.41 WIB,” kata Kepala Basarnas Tanjungpinang, Fazzli.

Pada pencarian itu, Tim SAR gabungan melaksanakan penyelaman dan mendapati korban berada pada kedalaman 7 meter. Jasadnya berjarak 3 meter dari lokasi kejadian jatuhnya korban.

Baca Juga :  Basarnas Tanjungpinang Evakuasi Wisata Pulau Penyengat

Setelah berhasil mengevakuasi korban ke permukaan, Tim SAR membawa jasadnya ke ke RS Bhayangkara.

“Di hari kedua pencarian, tim SAR gabungan dibagi menjadi 3 tim. SRU I melaksanakan pencarian dengan menggunakan metode penyelaman,” tuturnya.

Kemudian, SRU II fokus melaksanakan penyisiran dengan menggunakan rubber boat dan mopel. Sedangkan SRU III melakukan pencarian visual darat sejauh 2 km.

Selain itu juga melaksanakan pemantauan dengan menggunakan drone thermal dengan ketinggian 60 M dan radius 880 km². Angin kencang serta arus bawah laut yang kencang menjadi kendala dalam pencarian kali ini.

Baca Juga :  Perkara Korupsi Jembatan Tanah Merah di Bintan Jalani Sidang Perdana

“Selain Pos SAR Batam, unsur SAR gabungan yang terlibat antara lain Polsek Nongsa, Polair Polda Kepri, Polair Polresta Barelang, serta PT. Buana Cipta Mandala,” lanjutnya.

Selama pencarian berlangsung, unsur SAR gabungan menggunakan beberapa alut yang terdiri dari Rescue Car Type 2, 2 set rubber boat dan mopel milik Pos SAR Batam dan Polair, 2 set peralatan selam, 1 set aquaeye, dan 1 set drone thermal.

Akhirnya, dengan penemuan korban, operasi SAR pun ditutup dan seluruh unsur dikembalikan ke satuannya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *