Sambut HUT RI ke 79, ICMI Orda Tanjungpinang Akan Menggelar Aksi Nyata Merah Putih

Rapat perdana Panitia aksi merah putih dalam rangka HUT RI ke 79. Hadir Ketua ICMI Orda Kota Tanjungpinang Nazaruddin (baju hitam dua dari kanan) bersama Kabiro Kesra Aiyub dan panitia pelaksana pada Rabu (26/06) malam. (Foto2: Okta)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia Organisasi Daerah (ICMI) Orda Kota Tanjungpinang akan menggelar aksi merah putih. Aksi nyata itu akan dilaksanakan, menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 Tahun.

Ketua ICMI Orda Kota Tanjungpinang, Nazaruddin pada Rabu (26/06) malam, bertempat di Kedai Kopi Batu sepuluh memimpin langsung rapat perdana, bersama sejumlah panitia yang telah ditunjuk sebelumnya.

“Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan semangat juang masyarakat Kota Tanjungpinang, dalam rangka HUT Kemerdekaan Rai ke 79 tahun,” ujarnya.

Menurut Nazaruddin, tujuan lainnya yakni, untuk menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia.

“Pelaksanaan kegiatan ini juga menunjukkan aksi nyata eksistensi ICMI Orda Tanjungpinang dengan organisasi-organisasi kemasyarakatan lainnya,” ungkapnya.

Dalam rapat yang turut dihadiri Kepala Biro Kesra Setdaprov Kepri, Aiyub dan Sekretaris BPSDM Pemprov Kepri, Hasyim Asyari, serta Ketua panitia aksi merah putih Rio Wanis tersebut, juga dibahas sejumlah hal teknis terkait kegiatan aksi merah putih.

Dokumentasi kegiatan aksi pembagian merah putih di lapangan Pamedan Tanjungpinang dihadiri Gubernur Kepri yang diwakili Staf Ahli Gubernur Sardison pada Agustus 2023 lalu.

Adapun bentuk kegiatan yang akan dilakukan ICMI Orda Tanjungpinang, yakni Pertama, pengumpulan beragam ukuran bendera merah putih. Kedua, membagi bagikan beragam ukuran bendera merah putih ke khalayak ramai secara gratis, dan Ketiga, “razia” ke rumah-rumah penduduk, bagi yang tidak memiliki bendera akan dipasangkan bendera merah putih secara gratis.

Kemudian sebagai simbolis dimulainya kegiatan, pada 1 Agustus 2024 mendatang berlokasi di perempatan Pamedan Tanjungpinang, akan dilakukan pelepasan balon oleh Gubernur Kepri.

“Kemudian kegiatan dilanjutkan pembagian bendera oleh Gubernur dan pejabat, hingga ormas diantaranya FKDM, FKUB, FPK, BKMT serta Kepala Sekolah dan perwakilan Pelajar SMA sederajat,” ungkap Nazaruddin.

Sebagai informasi, secara nasional kegiatan yang dimulai sejak 1 Juni hingga 17 Agustus 2024 ini, didasarkan pada Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 400.10.1.1/2152/SJ Tanggal 8 Mei 2024, Hal Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2024.

Kegiatan nasional ini akan melibatkan partisipasi aktif dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk individu, kelompok, organisasi kemasyarakatan, partai politik, serta unsur pemerintahan dan swasta.

Di Provinsi Kepri sendiri, kegiatan aksi merah putih telah diawali sebelumnya, pada 1 Juni saat upacara hari lahir Pancasila disejalankan, dengan penyerahan bendera secara simbolis kepada pimpinan organisasi kemasyarakatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *