Rumkital Tanjungpinang Miliki Alat Canggih Cathlab, Cek Penyumbatan Pembuluh Darah Tanpa Operasi

Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut, Laksamana Pertama TNI dr. Dwi Adang Iskandar, Sp.B (kanan) saat meninjau dan melihat fasilitas unit Catheterization Laboratory (Cathlab) Rumkital Dr. Midiyato Suratani, Jumat (07/06/2024) yang baru diresmikan. (Foto2: Dewok)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal) Laksamana Pertama TNI dr. Dwi Adang Iskandar, Sp.B., meresmikan unit Catheterization Laboratory (Cathlab) atau disebut juga kateterisasi jantung dan angiografi, bertempat di Lobby Utama Rumkital Dr. Midiyato Suratani, Jl. Ciptadi No. 01, Tanjungpinang, Provinsi Kepri. Jumat (07/06/2024).

Sebelum acara peresmian, diselenggarakan juga paparan tentang Kesiapan Pelayanan Cathlab oleh Karumkital Dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Mohamad Sulaiman Abidin, Sp.M., kepada Kadiskesal Laksamana Pertama TNI dr. Dwi Adang Iskandar, Sp.B.

Peresmian unit Cathlab tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kadiskesal Laksamana Pertama TNI dr. Dwi Adang Iskandar, Sp.B., dan pemotongan pita di pintu masuk ruangan unit Cathlab oleh Ketua Cabang 7 Gabungan Jalasenastri Mabesal Ny. Meta Adang, didampingi Ketua Ranting C Cabang 7 Gabungan Jalasenastri Mabesal Ny. Rita Wawan Suridwan dan Ketua Ranting H Cabang 7 Gabungan Jalasenastri Mabesal Ny. Ida Sulaiman.

Dalam sambutannya, Laksamana Pertama TNI dr. Dwi Adang Iskandar, Sp.B., menyampaikan bahwa Rumkital Dr. Midiyato Suratani merupakan salah satu rumah sakit TNI AL Tingkat II atau Tipe B dan sekaligus juga sebagai sandaran operasi TNI untuk mendukung Pam Alki-1, Pamtas Laut Selat Malaka bagian selatan (RI-Malaka dan RI-Singapura) serta Pamtas Laut Natuna, terus melengkapi fasilitas layanan penunjang pemeriksaan medik yang dimiliki.

Sambutan Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut, Laksamana Pertama TNI dr. Dwi Adang Iskandar, Sp.B sebelum meresmikan unit Catheterization Laboratory (Cathlab) atau disebut juga kateterisasi jantung dan angiografi, bertempat di Lobby Utama Rumkital Dr. Midiyato Suratani, Jl. Ciptadi No. 01, Tanjungpinang, Provinsi Kepri. Jumat (07/06/2024)

“Kali ini Rumkital Dr. Midiyato Suratani mulai akan mengoperasikan alat canggih yang dikenal sebagai cathlab atau catheterization laboratory, yang merupakan suatu prosedur invasif minimal di bidang kedokteran jantung dan pembuluh darah dengan cara memasukkan sebuah pipa atau selang plastik berukuran sangat halus ke dalam pembuluh darah manusia, dengan kata lain fasilitas cathlab ini adalah sebagai penunjang diagnosa dalam menentukan sejak dini, penyempitan atau sumbatan pada pembuluh darah seseorang, sehingga alat ini sangat membantu dokter dalam menentukan tindakan medik yang tepat untuk pasien”, tambah beliau.

Penyediaan layanan fasilitas cathlab merupakan bagian dari inovasi untuk menambah fasilitas layanan yang belum ada di Rumkital Dr. Midiyato Suratani, salah satunya fokus pada penanganan penyakit jantung dan pembuluh darah. Dengan fasilitas ini, penanganan penyumbatan pembuluh darah pada jantung, pada tahap tertentu tidak perlu dengan tindakan bedah, namun cukup dengan prosedur minimal invasive ini.

“Pada momentum peresmian cathlab Rumkital Dr. Midiyato Suratani ini, saya mengapresiasi dan bangga bahwa alat ini dapat segera beroperasi secara efektif dan menjadi fasilitas yang dapat digunakan untuk kepentingan pelayanan kesehatan personel TNI, masyarakat wilayah Kepri dan khususnya masyarakat di kota Tanjungpinang,” ujar Kadiskesal.

Kadiskesal berharap juga bahwa momentum peresmian ini dapat menjadi wahana kolaborasi semua pihak (stakeholders) kesehatan Provinsi Kepri untuk meningkatkan layanan terbaik Rumkital kepada masyarakat, selain itu merupakan program dari Kemenkes terkait penyakit katastropik (kanker, jantung, stroke dan ginjal), tutur Laksamana Pertama TNI dr. Dwi Adang Iskandar, Sp.B.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *