Kogabwilhan I Gelar Kerjasama Taktis Operasi Gabungan Pengamanan Laut Natuna

KRI John Lie (JOL)–358 dikawal Pesawat tempur F-16 saat melaksanakan operasi gabungan pengamanan laut Natuna. (Foto; Dok. Kogabwilhan I

NATUNA, RADARSATU.COM – Kogabwilhan I selaku pengendali Operasi Gabungan Pengamanan Laut Natuna Utara (LNU) yang membawahi Koarmada I selaku Kogaslagab, Koopsud I selaku Kogasudgab dan Satgashanrat yang terdiri dari Batalyon Komposit 1/Gardapati, Kodim 0318/Natuna dan Kompi Komposit Marinir melaksanakan giat kerjasama taktis antar unsur-unsur operasi yang digelar di wilayah Natuna. Selasa (7/5).

Kerjasama taktis Operasi Gabungan Pengamanan LNU digelar mulai tanggal 6 s.d. 7 Mei 2024 dengan melibatkan KRI John Lie (JOL)–358, 2 Pesawat F-16, Satrad 212, Denhanud 477, Baterai Arhanud dan Baterai Armed Yon Komposit 1/GP serta Kompi Komposit Marinir ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas operasional, mengintegrasikan kekuatan Kogaslagab, Kogasudgab dan Satgashanrat guna meningkatkan respons terhadap ancaman atau perubahan situasi di wilayah Laut Natuna Utara.

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Agus Hariadi, M.Han pada briefing laporan kesiapan kegiatan ini menekankan bahwa kegiatan kerjasama taktis akan terus dilaksanakan secara rutin dalam upaya peningkatan interoperability serta mempertahankan kesiagaan tri matra terpadu di wilayah Natuna.

Adapun beberapa kerjasama taktis yang dilaksanakan meliputi Comm Check, Leaving Harbour, AMD, AJP, ADEX, Kersamtis Satrad 212 dengan Starstreak Baterai Arhanud dalam penindakan Bulsi F-16, Kersamtis Satrad 212 – Baterai Armed – Kompi Komposit Marinir dalam melaksanakan tembakan Artillery Strike terhadap Bulsi KRI JOL-358, dan Entering Harbour.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *