Nuansa Kearifan Lokal Terpancar di Posko Lebaran Jalan Wiratno

Nuansa Kearifan Lokal Terpancar di Posko Lebaran Jalan Wiratno
Pos Pengamanan depan Mall Ramayana (Foto: Yuki Vegoeista)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.com – Dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idulfitri 1445 H, POLDA Kepri mengadakan perlombaan Pos Pengaman Seligi Ketupat 2024. Kapolresta Tanjungpinang, Kombes Pol Heribertus Ompusunggu, telah menyiapkan Pos Polsek Barat untuk berpartisipasi dalam perlombaan tersebut pada Sabtu (06/04) petang.

Perlombaan yang mengangkat tema Kearifan Lokal telah menarik antusiasme Polsek Tanjungpinang dalam menyiapkan segala macam bentuk persiapan Pos pengaman.

Kapolsek Tanjungpinang Barat, Iptu Andri Marwan, menjelaskan bahwa tema perlombaan diambil dari balai adat Pulau Penyengat dan isi dalam gedung LAM yang diselaraskan dengan tema Kearifan Lokal Melayu.

“Pos ini berada di Jl. Wiratno tepat di depan lokasi perbelanjaan masyarakat yaitu Mall Ramayana,” ucap Iptu Andri Marwan.

Pos pengaman ini dirancang dengan model atap yang diambil dari atap balai adat Pulau Penyengat, sedangkan model di dalam Pos mengambil referensi dari kantor LAM Tanjungpinang. Setiap aparat yang berjaga akan menggunakan tanjak sebagai tanda identitas orang Melayu.

Tidak hanya itu, Pos pengaman ini juga dilengkapi dengan pelayanan masyarakat, termasuk tim kesehatan yang berjaga.

“Pos pengamanan ini melibatkan TNI-POLRI, DISHUB, SATPOL PP, dan Dinas Kesehatan yang bergantian berjaga sesuai dengan jadwalnya,” tambah Iptu Andri Marwan.

Dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan, Posko Lebaran di Jalan Wiratno tidak hanya menjadi tempat pengamanan tetapi juga menjadi cerminan kearifan lokal dan semangat gotong royong dalam menyambut Hari Raya Idulfitri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *