Basarnas Siagakan Call Center dan Posko SAR Khusus Lebaran di Kepri

Basarnas Siagakan Call Center dan Posko SAR Khusus Lebaran di Kepri
Personel SAR saat siaga di pelabuhan. (Foto: dok. Basarnas Tanjungpinang)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Tanjungpinang telah menyiagakan call center dan posko SAR khusus di Kepulauan Riau (Kepri) menjelang Idulfitri 2024.

Kepala Basarnas Tanjungpinang, Slamet Riyadi, mengungkapkan bahwa Siaga SAR Khusus Lebaran 1445H/2024M telah dimulai sejak Rabu (03/04) kemarin. Langkah ini diambil untuk mengamankan arus mudik dan libur Lebaran.

Total 2.657 personel dari Kantor Pusat Basarnas, 43 Kantor SAR, 77 Pos SAR, dan 83 Unit Siaga Basarnas telah dikerahkan di seluruh Indonesia.

Beberapa posko strategis telah dibuka, termasuk Posko Pelabuhan Sri Bintan Pura, Pos SAR Batam, Pos SAR Tg. Balai Karimun, Unit Siaga SAR Lingga, dan Posko Mobile Pantai Wisata Trikora. Pos-posko tersebut bertugas untuk memantau arus mudik, siaga bencana, dan kecelakaan yang mungkin terjadi hingga 18 April 2024.

Slamet juga mengungkapkan bahwa Basarnas menyediakan call center 115 tanpa pulsa untuk masyarakat. Mereka juga memaksimalkan penggunaan drone untuk memantau titik-titik keramaian seperti posko, pelabuhan, dan pantai.

Selain itu, peralatan seperti rescue car d-max dan Rigid Inflatable boat juga siap siaga. Slamet menegaskan pentingnya keselamatan dalam perjalanan mudik dan liburan ini.

Operasi Siaga SAR Khusus Lebaran 1445 H Tahun 2024 merupakan upaya serius Basarnas untuk menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat selama periode libur saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *