Seluruh Anak di Tanjungpinang Bakal Dapat Kartu Identitas Anak

Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasan. (Foto: Muhammad Chairuddin/radarsatu.com).

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Seluruh anak di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) bakal mendapatkan kartu identitas anak (KIA).

PJ Wali Kota Tanjungpinang, Hasan mengungkapkan, KIA itu merupakan hak dasar setiap anak yang menjadi bukti identitasnya sebagai warga negara Indonesia.

“Itukan hak dasar anak yakni identitas. Kurang lebih ada 2.000 lebih anak yang sekolah. Insyaallah kita lengkapi,” katanya, Rabu (20/3/2024).

Menurutnya, peluncuran perdana akan dilakukan pada pekan depan demgan jumlah 500 kartu. Sedangkan jumlah blanko yang telah disiapkan mencapai 7.000 kartu.

Untuk penyalurannya, Pemkot Tanjungpinang akan membagikan kartu tersebut melalui sekolah maupun setiap kelurahan.

“Harus disesuaikan dulu verifikasi. Insyaallah Senin nanti kita simbolis. Ini penting sebagai administrasi kependudukan. Pemerintah sebagai penyedia pelayanan publik,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Tanjungpinang, Zulhidayat menambahkan, pemberian KIA tersebut memang selayaknya dilakukan.

Hal itu akan mempermudah administrasi kependudukan. Terlebih bila anak tersebut mendapat bantuan dan lainnya.

“Jadi harus diberi agar kewarganegaraannya diakui. Apalagi kalau dapat bantuan dan lainnya kan jelas,” tambah Zulhidayat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *