Gelar Donor Jelang Ramadhan, HAKKA Batam Bantu Stok Darah PMI Batam

Hok Sin, Ketua Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera Kota Batam.F-Humas Hakka Batam

BATAM, RADARSATU.COM – Sebagai salah cara dalam membantu ketersediaan darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam, Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera Kota Batam akan menggelar bakti sosial (baksos) donor darah.

Kegiatan Baksos ini, merupakan agenda rutin setahun tiga hingga empat kali yang digelar oleh HAKKA Batam dalam rangka membantu masyarakat dan PMI Batam dalam stok darah.

“Kita setahun itu minimal 3-4 kali menggelar bakti sosial donor darah. Dimana hal ini terbilang disengaja guna membantu ketersediaan stok darah di PMI Batam, sekaligus membantu sesama,” tegas Hok Sin, Ketua Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera Kota Batam saat dihubungi melalui pesan singkat elektronik, Sabtu(02/03/2024) pagi.

Baca Juga :  Kepala Cabang dan Security PT Asli Gadai Sejahtera Dijerat Pasal Penggelapan dan Penipuan

Pihaknya juga menegaskan, Baksos donor darah ini menjadi langkah awal dalam upaya berkelanjutan dari HAKKA Batam untuk berkontribusi dalam penyediaan darah yang cukup di Kota Batam.

“Semoga semakin banyak orang terinspirasi untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan seperti ini, sekaligus untuk membantu mereka yang membutuhkan darah dalam kondisi darurat,” tegasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam mengeluhkan minimnya stok darah. Bahkan hampir semua jenis golongan darah yang ada diketahui mengalami kekurangan.

“Saat ini, stok darah di PMI Kota Batam sangat sedikit sekali. Bahkan hampir semua jenis golongan darah sudah mulai menipis,” tegas dr. Novia M.Biomed, Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Batam saat dihubungi KE Groups pada Senin (26/02/2024) pagi.

Baca Juga :  Kegiatan Sosial dan Budaya Jadi Prioritas BPW KKSS Kepri 5 Tahun ke Depan

Pihaknya juga menegaskan, menipisnya stok darah ini menjadi kekhawatirannya. Terlebih lagi menjelang bulan suci ramadhan yang setiap tahunnya selalu mengalami defisit stok darah.

Untuk itu, pihaknya mengajak semua pihak untuk mendonorkan darahnya secara sukarela ke kantor PMI Batam ataupun menggelar even baksos.

“Kami sangat berharap sekaligus menghimbau masyarakat kota Batam dapat mendonorkan darahnya secara sukarela ke PMI,” tegasnya.

Dokter Novi pun menegaskan, bulan suci Ramadhan setidaknya PMI Kota Batam membutuhkan 2.500 kantong darah selama ramadhan. Dimana dalam seharinya, setidaknya membutuhkan 80 hingga 100 kantong darah per hari.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *