Mengenal Pentingnya MCU Bagi Masyarakat

Medical Check Up (MCU). (Foto: istimewa).

TANJUNGPINANG, RADRSATU.COM – Dalam dunia kesehatan, MCU merupakan singkatan dari Medical Check Up. Medical Check Up adalah sebuah prosedur yang ditujukan untuk mengetahui kondisi kesehatan secara menyeluruh.

Tujuan Medical Check Up biasanya untuk evaluasi kesehatan agar bisa mencegah penyakit sedari dini sebelum bertambah parah.

MCU sering dianggap sepele oleh kebanyakan orang, khususnya dewasa muda, karena mereka merasa belum ada terserang penyakit serius atau belum ada gejala parah yang mengindikasi tubuh.

Padahal pemeriksaan menyeluruh dengan Medical Check Up (MCU) bisa dilakukan mulai dari remaja usia 18 tahun hingga dewasa.

American Medical Association merekomendasikan anda untuk MCU rutin minimal 1 tahun sekali.

Dalam hal ini, Kepala Instalasi MCU RSUD RAT, dr. Vera Melyani, MMRS, Sp. THT-KL, FICS menjelaskan beberapa hal yang menjadikan cek kesehatan diantaranya, membantu mencegah dan  mendeteksi penyakit atau kondisi medis sejak dini, bahkan sebelum gejala muncul.

Sehingga pengobatan dapat dimulai lebih cepat, meningkatkan peluang kesembuhan atau pengendalian penyakit. Beberapa pemeriksaan kesehatan rutin, seperti vaksinasi dan skrining, dapat membantu mencegah penyakit tertentu.

Baca Juga :  Wartawan Diimbau Patuhi Protokol Keselamatan dalam Bertugas

“Ini termasuk pencegahan penyakit menular dan skrining untuk penyakit tidak menular seperti kanker atau penyakit jantung,” jelasnya.

  1. Vera menyampaikan, sebagai unit layanan kesehatan RSUD Raja Ahmad Tabib, berusaha untuk terus meningkatkan mutu layanan kesehatan kepada masyarakat di Tanjungpinang dan sekitarnya.

Mendukung upaya pencegahan serta deteksi dini penyakit melalui pemeriksaan Medical Check Up, RSUD Raja Ahmad Tabib Provinsi Kepulauan Riau, secara resmi telah membuka pelayanan MCU (Medical Check Up) yang terletak di lantai 8 pada hari Jumat, 1 April 2022.

 

“Pelayanan MCU ini untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, baik untuk perorangan maupun instansi pemerintah ataupun swasta,” katanya.

Iya juga memaparkan, layanan MCU ini merupakan pelayanan yang komprehensif, dimana seluruh pemeriksaannya berada di dalam ruangan yang sama sehingga para peserta MCU lebih mudah dan cepat dalam melakukan tahapan MCU dengan pelayanan satu pintu atau system One Stop Service.

Yang dimulai dari pendaftaran peserta, screening, pemeriksaan Tanda Tanda Vital seperti Tensi, pengukuran Nadi, kecepatan pernafasan dan suhu, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemeriksaan buta warna, visus mata hingga pembayaran serta pengambilan hasil medical cek up yg diberikan dalam bentuk surat.

Baca Juga :  Pemprov Kepri Ingin Pelayanan Rumah Singgah Jakarta & Batam Lebih Baik

Ruangan MCU yang terletak di lantai 8 Rumah Sakit Raja Ahmad Tabib ini telah dilengkapi dengan Ruang untuk foto rontgen, ruang pengambilan darah, Ruang perekaman jantung, ruang pemeriksaan kejiwaan (Oleh dokter Spesialis Kesehatan Jiwa), Ruang psikometri dan psikologi, dan ruang pemeriksaan Treadmill jantung.

Untuk mendapatkan hasil MCU yang akurat beerapa persiapan dapat dilakukan sebelum melaksanakan Medical Check Up, diantaranya:

  1. Tidur cukup, minimal selama 6 jam. Kurang tidur akan mengganggu kerja jantung, suhu tubuh, dan tekanan darah.
  2. Melakukan puasa 8-10 jam sebelum MCU untuk menetralkan kadar gula darah dan kolesterol. Namun, Anda tetap bisa mengkonsumsi air putih.
  3. Hindari konsumsi alkohol dalam kurun waktu 24 jam.
  4. Bagi penderita hipertensi, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu apakah obat-obatan dapat dikonsumsi menjelang MCU.
  5. Apabila memiliki penyakit kronis, jangan lupa untuk membawa catatan medis dan diagnosis dari dokter.
  6. Bagi wanita yang ingin melakukan pap smear, jangan lakukan di 7 hari sebelum atau sesudah menstruasi. Dikhawatirkan hasil akan tidak akurat karena kerja hormon.
  7. Bagi ibu hamil, lewati prosedur yang mengharuskan untuk X-Ray atau paparan sinar radiasi lainnya.
Baca Juga :  Wakil Bupati Karimun Pimpin Rakor Tim Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2022

“Medical Check Up di rasa penting dan wajib dilakukan  untuk mengevaluasi kesehatan dan deteksi gangguan penyakit lebih lanjut, agar kondisi Kesehatan tidak bertambah parah di kemudian hari. MCU juga menjadi peringatan agar Anda bisa lebih menjaga kesehatan,” paparnya.

(Sumbernya : Humas dan Unit PKRS RSUD Raja Ahmad Tabib)

Editor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *