Jelang Hari Jadi Kabupaten Lingga, Bupati Panen Padi di Singkep Pesisir

Bupati Lingga M. Nizar dan rombongan melakukan Panen Bersama Demplot Perbenihan Padi Terstandard Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kepulauan Riau (Kepri) di Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga. (Foto: Agus)

LINGGA, RADARSATU.com — Bupati Lingga M. Nizar dan rombongan melakukan Panen Bersama Demplot Perbenihan Padi Terstandard Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kepulauan Riau (Kepri) di Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga. Kamis (9/11/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan bersama BSIP Kepri dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Lingga ke-20 pada 20 November 2023 mendatang, dan Diseminasi Hasil Standardisasi Instrumen Pertanian di Kabupaten Lingga.

Diketahui, Panen Bersama yang dilakukan hari ini di Desa Lanjut, Singkep Pesisir dengan luas lahan 3,5 hektar dengan rincian 1,5 hektar milik masyarakat dan 2 hektar dilakukan demplot pembenihan padi oleh BSIP Kepri. Hingga hari ini, pembenihan yang sudah dilakukan adalah sebanyak 3 hektar yaitu, di Desa Lanjut sebanyak 2 hektar dan di Bukit Langkap 1 hektar.

Baca Juga :  600 Personel Diturunkan Untuk Normalisasi Drainase Antisipasi Banjir Tanjungpinang

“Dari ubinan ada sekitar 5,5 ton dan 6,4 ton. Kalau ubinan yang dilakukan BSIP ini dijadikan beras, ini bisa menghasilkan beras sebanyak,” kata Bupati Lingga Muhammad Nizar.

Tentunya, Bupati Nizar mengharapkan demplot untuk pembenihan ini dapat digunakan dan dimanfaatkan tidak hanya di Kabupaten Lingga, melainkan hingga seluruh kabupaten di Kepulauan Riau.

Lebih lanjut, Bupati Nizar mengharapkan dengan telah dilakukannya pembenihan ini dapat menambah selera masyarakat kabupaten lingga yang sudah lahan cetak sawah.

Kabar baik yang ingin kami sampaikan, dengan telah di LP2B kannya lahan serta telah di Perda kan oleh DPRD, dapat menambah keseriusan pihak swasta untuk mengelola bersama desa-desa yang menjadi spot pertanian sawah di kabupaten lingga ini.” tutupnya. (Agus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.