Visit Media dengan PWI Kepri, Kabidhumas Polda Kepri: Media Adalah Mitra Polri

Kabid Humas Polda Kepri Bersama Ketua PWI Kepri. (Foto: Humas Polda Kepri)

BATAM, RADARSATU.com – Dalam rangka kegiatan Visit Media Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad melakukan pertemuan PWI Kepri, di Teh Tarek Belakang Padang KBC, Kota Batam. Kamis (31/08/2023).

Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad menjelaskan bahwa adanya pertemuan ini guna menjalin kerjasama dan membentuk pelatihan peningkatan kemampuan (lakatpuan) dengan para wartawan dalam hal penulisan berita dan counter opini sesuai dengan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan UU No. 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik yang diikuti oleh Wartawan, Personel Polri dan pemateri dari PWI, Antara, KIP, dan KPID.

“Guna menyikapi tahun politik yang akan berlangsung, Bidhumas Polda Kepri sebagai satker operasional dalam hal memberikan informasi mengajak para jurnalistik untuk terus memberikan informasi yang akurat dalam menciptakan harmonisasi penyampaian berita, guna mencegah adanya berita bohong (hoax) masif beredar yang menciptakan kebingungan dan kekhawatiran di tengah masyarakat. Hal ini selaras dengan HUT RI Ke-78 dengan harapan ‘terus melaju untuk indonesia maju’,” kata Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad.

Baca Juga :  Besuk Pengurus yang Sakit, Candra: Kami Keluarga Terdekat

Dirinya juga menjelaskan kehadiran Polri sebagai wujud nyata dari berbagai upaya dan komitmen Polri dalam menjalankan pedoman hidup Polri untuk melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat sekaligus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta sebagai pemecah masalah sosial (problem solver) dan upaya penegakan hukum menjadi upaya terakhir atau ultimum remedium.

Untuk itu, dirinya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat dalam penyampaian aspirasi dapat dilakukan secara damai dan sejuk serta tidak terprovokasi dengan mengedepankan upaya musyawarah mufakat.

“Harapan kami kepada masyarakat agar bersikap cerdas dengan selalu melakukan konfirmasi serta cek dan ricek sebelum mempercayai apalagi membagikan sebuah berita atau informasi yang belum jelas kebenarannya dengan mengedepankan ‘Saring Sebelum Sharing’. Sebab sekali lagi, tidak semua informasi atau berita yang beredar di media sosial adalah informasi yang valid kebenarannya serta bisa dipertanggungjawabkan sumbernya,” pinta Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad.

Baca Juga :  Jembatan di Desa Gemuruh Roboh Akibat Hujan Lebat

Saat ini, Polri dan Para wartawan terus bersinergisitas berkerja sama dalam menghasilkan pemberitaan yang mendalam dan berimbang mengenai berbagai isu kepolisian.

“Kolaborasi ini dapat membantu menyajikan informasi yang lebih akur at, obyektif, dan komprehensif kepada masyarakat serta mencegah setiap informasi palsu (hoax) yang beredar dan berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” tutup Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.