Kominfo Anambas Ajak Kades Sampaikan Keluhan Layanan 4G BAKTI-Kominfo di Jakarta

Kadis Kominfo Anambas dan Kades Sampaikan Keluhan Layanan 4G BAKTI-Kominfo di Jakarta. (Foto: istimewa).

ANAMBAS, RADARSATU.COM – Pembangunan Layanan BTS di 12 lokasi di Kabupaten Kepulauan Anambas yang sudah On-Air di awal tahun 2023 dengan operator penyedia Layanan 4G XL-Axiata.

Yang mana sampai dengan awal tahun 2023 terkait layanan yang sudah dibangun oleh BAKTI KOMINFO, masyarakat di 12 desa atau lokasi tersebut masih kurang merasakan adanya sinyal internet yang sudah dihadirkan.

Hal ini disebabkan adanya beberapa kendala yang dihadapi seperti yang disampaikan oleh beberapa kepala desa yang hadir langsung pada pertemuan tersebut yaitu Kepala Desa Genting Pulur, Desa Telaga Kecil dan Desa Mengkait yaitu Kapasitas bandwitdh yang disediakan oleh penyedia layanan masih terbatas.

Aadanya hanya HP smartphone tertentu yg bisa conec, sulitnya berkomunikasi lewat vidio call, sulitnya mengakses aplikasi sepeetu data dapodik, BPJS dan lain sebagainya dan tidak seluruh masyarakat bisa menikmati layanan internet yang sudah dihadirkan sedangkan untuk di Desa Telaga Kecil tower BTS dalam keadaan mati menyebabkan di wilayah tersebut tidak adanya sinyal internet, handphone tertentu kadang yg bisa conec, begitu juga dengan paparan apa yang disampaikan Amos Kades Mengkait.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas memberikan tanggapan terhadap kendala-kendala yang dirasakan oleh masyarakat terkait pembangunan 12 tower BTS.

Ia berharap pola program BAKTI-KOMINFO kedepannya dapat mengurai permasalahan/membuat skema agar lebih memanfaatkan kehadiran Palapa Ring Barat (PRB) secara terestrial untuk bisa memberikan kepuasan terhadap kehadiran Layanan Internet di wilayah yang sudah terbangun tower BTS seperti yang diharapkan oleh masyarakat,.

Baca Juga :  Usai Dilantik, Pengurus KNPI Kepri Kunjungi Sekretariat JMSI Kepri

Sehingga apa yg sering di sampaikan BAKTI dengan teknologi Vsat yang sangat terbatas dapat tersolusikan bukan anya 12 bts 4G BAKTI XL-Axiata yang baru aktif di thn 2023 ini tapi juga Bts USO BAKTI Telkomsel yang sudah melayani di 17 titik/desa yg juga masih dirasakan seringnya gangguan yang dialami oleh masyarakat tempatan pada layanan tersebut.

Ia juga menyampaikan terkait masalah site keeper untuk 12 lokasi bts 4G XL Axiata dapat endaknya bisa di akomodir untuk diusulkan ke BAKTI, begitu juga dengan Site kifer yang ada di 17 lokasi di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Agar mendapatkan pelatihan serta diharapkan ada teknisi dari rekanan operator yang bisa stand by di Kabupaten Kepulauan Anambas guna mempercepat perbaikan/maintenance apabila ada terdapat masalah terkait layanan pada Bts layalan sinyal 4G BAKTI tersebut.

Atas permasalahan dan kedala kendala yang disampaikan Dhani Januhar Selaku Direktur Layanan TI untuk masyarakat dan pemerintah serta Kepalda Devisi Infrastruktur lastmile/Bakchoul Bapak Andi Mirza Menyampaikan BAKTI-KOMINFO menyambut baik kedatangn dari Pemkab Anambas dan atas permasalahan/kendala yang disampaikan dari ke-3 Kepala Desa maupun Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas terkait Layanan Internet yang dirasakan oleh masyarakat.

Baca Juga :  Diskominfo Kepri Ajak Diskominfo se-Kepri Bersembang dengan MNC Group

Seperti yang diketahui bahwasannya memang layanan internet yang sudah dihadirkan merupakan layanan berbasis satelit/VSAT, untuk itu BAKTI-KOMINFO sendiri sudah ada rencana dalam jangka pendek di tahun 2023 guna mengurai permasalahan yang dihadapi yaitu akan melakukan upgrading dengan melakukan kajian-kajian telebih dahulu guna meningkatkan kapasitas bandwidth di titik lokasi tersebut.

Dan BAKTI-KOMINFO juga mempunyai rencana jangka panjang yang diharapkan hal ini bisa selesai pada tahun 2023 dan bisa dipergunakan di tahun 2024 yaitu dengan menggunakan satelit sendiri sehingga akan lebih mudah dalam meningkatkan kapasitas/mengetahui kecepatan internet yang dibutuhkan untuk dapat dipergunakan oleh masyarakat yg mendapat bantuan akses internet BAKTI AKSI maupun layanan sinyal 4G BAKTI Kominfo yg sudah di alokasikan di wilayah Kepulauan Anambas.

Selain itu BAKTI-KOMINFO dan Telkomsel terus melakukan kolaborasi mempunyai program kedepan dalam hal ini akan melakukan teresterial ke BTS USO yang lama, tentunya hasil dari pemetaan yg di lakukan untuk kepulauan Anambas  akan terealisasi di tahun 2023 ini di 5 desa yaitu Desa Rewak-Kusek, Desa Ulu Maras, Desa Air Biru, Desa Kiabu dan selanjutnya Desa Bukit Padi.

Baca Juga :  Gelar Rakor, Diskominfo Kepri Bahas Progres Pembangunan BTS di Daerah 3T

BAKTI-KOMINFO menyarankan juga kepada Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik agar segera memberikan usulan terkait site keeper untuk dapat dilakukan pelatihan, serta menyegerakan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik melakukan pendataan terkait BTS VSAT Wifi Nusantara, wifi BAKTI-Aksi apa sudah terjangkau layanan 4G operersto reguler maupun indihome dan apakah bila sudah terjangkau maka bantuan akses internet di usulkan untuk di alih ke lokasi yang jauh layanannya masih lemah untuk dilakukan penambahan kapasitas.

Akhir dari pembahasan yang disampaikan dikesmpatan tersebut, Jep menyampaikan telah di alokasikan oleh BAKTI Kominfo 205 titik lokasi akses internet wifi BAKTI yg tersebar di beberapa pelayanan publik bidang pendidiikan,bidang kesehatan, pemerintah kecamatan dan desa yang layanannya 44 titik mengunakan  teristerial dan selebihnya masih menggunakan vsat dengan kapasital layanan yang mini.

Akhir dari paparan dan pembaasan yg di sampaikan pemerintah daerah sangat mengharapkan layanan program BAKTI  dalam mewujudkan indonesia digitalisasi 2025 dapat terwujud di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *