Ini Sederet Program dan Kebijakan Berbasis Kerakyatan di Bawah Kepemimpinan Ansar-Marlin

Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, Ansar Ahmad-Marlin Agustina. (Foto: dok.Diskominfo Kepri).

TANJUJNGPINANG, RADARSATU.COM – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dibawah kepemimpinan Ansar Ahmad dan Marlin Agustina secara proaktif terus melahirkan berbagai program dan kebijakan untuk kepentingan masyarakat Kepri.

Bahkan sejak awal menjabat sebagai kepala daerah di tahun 2021, Ansar menjadikan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan Kepri sebagai prioritas utama.

Ukuran pembangunan sebuah daerah sendiri, termasuk di Provinsi Kepulauan Riau, diukur melalui indikator makro ekonomi, yakni pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan kesempatan kerja.

Dari sisi ekonomi Kepulauan Riau, ada triwulan IV 2021 tumbuh 3,43 persen (yoy) sejalan dengan peningkatan mobilitas dan aktivitas masyarakat, serta kegiatan dunia usaha.

Baca Juga :  Proyek Irigasi di Jemaja Anambas Terancam Tidak Selesai Tepat Waktu

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Kepri tercatat naik Rp 47.439,27 miliar (ADHK) atau tumbuh sebesar 5,27 persen (yoy), menguat dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar 2,97 persen (yoy).

Selanjutnya pada triwulan IV 2021 didorong oleh akselerasi pada komponen utama yakni konsumsi rumah tangga, konsumsi pemerintah dan net ekspor.

Komponen konsumsi rumah tangga tumbuh sebesar 0,46 persen (yoy), terakselerasi dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar -0,72 persen (yoy), sejalan dengan membaiknya permintaan masyarakat.

Disisi lain, berdasarkan berita resmi statistik yang dirilis BPS Kepri, Inflasi Kepri yang diukur dari dua kota Indeks Harga Konsumen (IHK) yakni Kota Batam dan Kota Tanjungpinang mengalami inflasi year on year (yoy) pada bulan Desember sebesar 5,83 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 113,29.

Baca Juga :  Dua Kasat dan 4 Kapolsek Jajaran Polres Karimun Dirotasi

Inflasi terjadi karena kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 107,05 pada Desember 2021 menjadi 113,29 pada Desember 2022. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.