Lanal TBK Gelar Wawasan Kebangsaan Kepada Warga Pesisir

Palaksa Lanal TBK Mayor Laut (H) P. Panjaitan, S H., M.Han didampingi Pasintel Kapten Laut (E) M. Amir Mahmud, S.S.T.Han melakukan foto bersama. (Foto: Pen. Lanal TBK).

KARIMUN, RADARSATU.COM – Dalam rangka memperingati Hari Armada ke-77 Tahun 2022, Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjung Balai Karimun (Lanal TBK) menggelar kegiatan Seminar Wawasan Kebangsaan kepada Warga Pesisir.

Seminar Wawasan kebangsaan itu menghadirkan Narasumber yaitu Palaksa Lanal TBK Mayor Laut (H) P. Panjaitan, S H., M.Han dan Kabid Bina Idiologi Wawasan Kebangsaan serta Karakter Bangsa Kesbangpol Pemkab Karimun Sugiono, M.M.

Palaksa Mayor Laut (H) P. Panjaitan, S.H., M.Han mengatakan, warga pesisir tersebut meliputi, Pulau Moro, Tanjung Batu Pulau Kundur dan Pulau Buru, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau yang digelar selama 3 hari mulai tanggal 21-30 November sampai tanggal 1 Desember 2022.

“Wawasan kebangsaan dilaksanakan oleh Lanal TBK bekerjasama dengan Kesbangpol Pemkab Karimun, dalam rangka memperingati hari Armada ke-77 tahun 2022 yang dilaksanakan di tiga lokasi di wilayah kerja Lanal TBK,” kata Mayor Panjaitan, Kamis (1/12/2022).

Baca Juga :  Ini Pesan Ansar ke Seluruh Elemen Saat Buka Rakor Kesbangpol

Mayor Panjaitan menjelaskan, adapun materi yang disampaikan terkait dengan pengenalan TNI AL Lanal TBK, pengenalan wilayah-wilayah kerja Lanal TBK, Impelementasi wilayah pertahanan yang dilaksanakan Lanal TBK.

Sedangkan materi yang disampaikan dari Kesbangpol terkait wawasan kebangsaan serta bela negara.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan cara pandang bagaimana kita berbangsa dan bernegara dalam wawasan kebangsaan. Harapannya, agar masyarakat pesisir semakin mempunyai jiwa patriotisme sesuai dengan pancasila dan UUD 1945,” jelasnya.

Sementara itu, Narasumber Sugiono, M.M menyambut baik dan mengapresiasi Lanal TBK yang telah melaksanakan seminar wawasan kebangsaan terhadap warga pesisir di Kabupaten Karimun.

Menurutnya, wawasan kebangsaan yang diberikan ini bertujuan mengantisipasi segala permasalahan yang terjadi seperti medsos dan sebagainya, sehingga perlu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan pemahaman wawasan kebangsaan.

“Materi wawasan kebangsaan yang kita sampaikan kepada masyarakat baik itu pancasila, UUD 1945 agar bagaimana masyarakat bisa mengerti dan memahami serta bisa mengimplementasikannya didalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Baca Juga :  Iskandarsyah Salurkan 600 Paket Sembako dan 0.5 Ton Beras

Sugiono mengatakan kegiatan ini sebenarnya sudah lama dilakukan karena menjadi tupoksi daripada Kesbangpol dalam rangka membangun dan menumbuhkan semangat jiwa patriotisme sebagai bangsa Indonesia.

“Selama ini kita akui bahwa kemunduran nilai-nilai bangsa ini semakin mulai luntur, sehingga perlu sekali kita hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mengenalkan 4 pilar kebangsaan, karena banyak sekali yang terjadi bahwa nilai daripada pejuang sudah mulai mundur,” katanya.

Sementara itu, Camat Buru Muhammad Rahendra juga menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan Lanal TBK bersama Kesbangpol Pemkab Karimun.

“Kami pemerintah Kecamatan Buru menyabut baik kegiatan yang dilaksanakan Lanal TBK bersama Kesbangpol Pemkab Karimun untuk Pemuda dan Pemudi di Kecamatan Buru,” tambahnya.

Baca Juga :  Usai Dibuka, Dandim 0317/TBK Langsung Tinjau Pelaksanaan TMMD ke -114 Tahun 2022

Untuk menuju lokasi Pulau Moro, Pulau Kundur dan Pulau Buru, Lanal TBK menggunakan sarana KAL. PELAWAN I-4-67 dan Speed boart Patkamla Posal jajaran Lanal TBK.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Palaksa Lanal TBK Mayor Laut (H) P. Panjaitan, S.H., M.Han, Kabid Bina Idiologi wawasan kebangsaan dan Karakter Bangsa Kesbangpol Pemkab Karimun Sugiono, M.M dan Bendahara Yudi.

Pasops Lanal TBK Kapten Laut (P) Endy Kurniawan, Pasintel Kapten Laut (E) M. Amir Mahmud, S.S.T.Han, Danramil dan Kapolsek setempat, Kapos KSOP dan Kepala UPT Dishub setempat, serta Perwira Staf Lanal TBK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.