Ansar Letakkan Batu Pertama Pembangunan Ponpes Hasyim Asy’ari Batam

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad meletakkan batu pertama pembangunan Ponpes Hasyim Asy'ari Batam. (Foto: istimewa).

BATAM, RADARSATU.COM – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad meletakkan batu pertama, sekaligus tanda dimualinya pembangunan Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari, di Bengkong Sadai Kecamatan Bengkong Kota Batam, Minggu (13/11/2022).

Pembangunan Ponpes Hasyim Asy’ari dibawah binaan Majelis Wakil Cabang Nahdatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Bengkong, juga dirangkaian dengan peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 yang dijatuh setiap tanggal 22 Oktober.

Ansar mengutip apa yang disampaikan Wakil Presiden KH Makruf Amin saat peringatan Hari Santri 22 Oktober lalu.

Ada tiga point penting terkait hari santri. Pertama, hubul waton minal iman, dimana cinta tanah air adalah sebagaian dari iman.

“Saya yakin, kita para santri telah mengikrarkan diri, untuk cinta tanah air adalah harga mati, ” jelas Ansar.

Selanjutnya, hifdzul Mistaq menjaga kesepakatan, bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan rumah besar bagi semua yang harus dijaga bersama.

Ketiga yakni Khalifah Fil Ardh bahwa setiap orang adalah mahluk yang paling sempurna. Maka siapapun berkewajiban memakmurkan negeri tercinta ini, agar menjadi negara yang baldatun thoyibatun warobhun ghofur.

Masih kata Ansar, masyarakat juga harus selalu beryukur bahwa di Kepri saat ini memliki kurang lebih 114 pesantren yang tersebar di kabupaten/kota.

Dengan jumlah sekitar 10.965 santrian. Jumlah terbanyak kini berada di Kota Batam.

“Keberadaa santri ini menjadi istimewa tersendiri dalam mengisi kemerdekaan dan pembangunan di Kepri,” kata Ansar.

Pemerintah Provinsi Kepri, Februari 2023 mendatang akan mengundang tokoh agama di seluruh wilayah Kepri.

Beristighosah bersama sekaligus meresmikan Pulau Penyengat sebagai pulau wisata religius Kepulauan Riau.

“Saat bersamaan, nanti saya bersama seluruh usatad dan kyai yang hadir, akan melantukan satu buah sholawat buyro, sebagai sholawat yang akan kita amalkan harian bagi kita masyarakat Kepri,” jelasnya.

Ketua MWC NU Kecamatan Bengkong Muhammad Sofyan Imam Santun berterima kasih atas kehadiran Ansar Ahmad, sekaligus berkesempatan meletakan batu pertama pembangunan pondok pesantren Hasyim Asy’ari.

“Nantinya ponpes akan berada di bawah Yayasan Hasyim Asy’ari. Bangunan gedung tiga lantai. Nantinya disini para santri akan dibimbing dan dididik, hingga mereka bisa menjadi hafidz dan para penghagal Alquran. Sekaligus mereka bisa menjadi pendakwah yang berfaham nahdiyin ahlu sunah wal jamaah,” jelas Sofyan.

Muhammad Sofyan melanjutkan, pesantren ini juga telah memiliki lahan kurang lebih dua hektar di wilayah Uban Kabupeten Bintan.

Nanti akan dikembangkan menjadi pusat pendidikan santri dan santriwati mermashab ahlu sunah wal jamaah, guna menjadi pendakwah hebat di masa mendatang.

Sebelumnya, Ansar juga berkesempatan melakukan pelepasan peserta pawai bersempena dengan peringatan hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober.

Kegiatan juga diisi dengan kegiatan khitanan massal, yang melibatkan anak-anak warga Bengkong dan sekitarnya.

Selain itu, pembagian bingkisan seperti sarung baju dan koko kepada anak-anak, usai mereka dikhitan.

Peserta pawai juga berkesempatan memenangkan ratusan hadiah menarik, seperti sembako, bingkisan menarik lainnya hingga satu ekor kambing yang tengah bunting.

Kesemua aneka hadiah tersebut, dipersiapkan oleh Mejelis Wakil Cabang Nahdatul Ulama Kecamatan Bengkong Kota Batam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *