Momentum Hari Pahlawan, RHT Ajak Masyarakat Kepri Teladani Gurindam 12 Raja Ali Haji

Wakil Ketua II DPRD Kepri, Raden Hari Tjahyono (RHT). (Foto: istimewa).

BATAM, RADARSATU.COM – Sempena Hari Pahlawan 10 November 2022, Politisi PKS Raden Hari Tjahyono (RHT) mengajak masyarakat Kepri meneladani pesan-pesan Raja Ali Haji yang tertuang dalam pasal demi pasal Gurindam 12.

Hal ini disampaikan di sela-sela sidang paripurna DPRD Kepri, Kamis (10/11/2022).

Menurutnya, Kepri patut berbangga karena memiliki cukup banyak pahlawan nasional yang ditetapkan pemerintah.

“Walau penduduk kita tidak sebanyak dengan provinsi lain yang padat dari sisi penduduknya, tapi soal kontribusi kita terhadap Indonesia sangat besar terbukti banyaknya pahlawan nasional dari Kepri yakni Raja Haji Fisabillah, Sultan Mahmud Riayat Syah dan Raja Ali Haji,” kata RHT yang juga merupakan Wakil Ketua II DPRD Kepri.

Baca Juga :  Bright PLN Batam Diminta Hentikan Pembangunan SUTT

Pahlawanku teladanku adalah tema besar hari pahlawan nasional hari ini, RHTmengimbau masyarakat Kepri untuk mempelajari sejarah dan mendalami pasal demi pasal Gurindam 12 Raja Ali Haji (RAH).

“Kalau kita baca Gurindam 12 inilah sebenarnya karakter masyarakat Melayu Kepri yang idealnya. Mari kita teladani misalnya saja saya ambil contoh satu saja dalam Pasal 1 Gurindam 12. Disebutkan, Barang siapa tiada memegang agama, sekali-kali tiada boleh dibilangkan nama. Barang siapa mengenal yang empat, maka ia itulah orang yang ma’rifat. Barang siapa mengenal Allah, suruh dan tegahnya tiada ia menyalah. Barang siapa mengenal diri, maka telah mengenal akan Tuhan yang bahri. Barang siapa mengenal dunia, tahulah ia barang yang teperdaya. Barang siapa mengenal akhirat, tahulah ia dunia mudarat,” jelas RHT.

Baca Juga :  Raden Hari Tjahyono Minta PLN Batam Tidak Menaikkan Tarif Listrik

Ia menambahkan, ini juga bertalian dengan Pancasila sila 1 Ketuhanan Yang Maha Esa.

“Jadi masyarakat Kepri adalah masyarakat yang agamais, mari kita teladani ada banyak pasal lagi yang bisa dan sangat bagus kita teladani dari konsep negara hingga keluarga,” tutur RHT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.