Pemkab Inhil Bersama Pihak Terkait Serius Tangani Banjir di Desa Kuala Sebatu

Suasana rapat penanggulangan banjir yang terjadi di Desa Kuala Sebatu, Kecamatan Batang Tuaka. (Foto: istimewa).

(Adventorial)

 

INHIL, RADARSATU.COM – Pemkab Inhil menggelar rapat teknis bersama stakeholder terkait langkah-langkah dalam penanggulangan banjir yang terjadi di Desa Kuala Sebatu, Kecamatan Batang Tuaka, Kamis (20/10/2022).

Rapat tersebut dipimpin Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, Mukhtar T.

“Rapat kali ini merupakan rapat teknis dalam rangka mengambil langkah-langkah apa yang harus dikerjakan dan menjadi tanggung jawab setiap pemangku kepentingan yang terkait dalam penanganan permasalahan banjir yang terjadi,” kata H.Muhktar T.

Suasana rapat penanggulangan banjir yang terjadi di Desa Kuala Sebatu, Kecamatan Batang Tuaka. (Foto: istimewa).

Rapat teknis yang dilaksanakan di Aula Lantai 5 Kantor Bupati Inhil ini dihadiri Asisten l Setdakab Inhil, Ketua komisi III DPRD Inhil, perwakilan BWS Sumatera III Provinsi Riau, perwakilan Unsur Forkopimda, Kepala BPN Inhil.

Baca Juga :  Kapolda Kepri Pimpin Sertijab Pejabat Utama dan Kapolres Jajaran Polda Kepri

OPD Pemkab Inhil, Camat bersama unsur forkopimcam Barang Tuaka, Kepala Desa Kuala Sebatu, Pasir Emas, Sialang Panjang, Humas PT SAGM, Aliansi Advokad (Peradi), Aliansi Pemuda Kuala Sebatu dan Himpunan Mahasiswa.

Dari pembahasan rapat, diketahui ada sepanjang kurang lebih 18,8 km aliran kanal atau sungai yang mengalami penyumbatan dan pendangkalan oleh tumbuhan gulma dan lumpur yang mengendap.

Dengan lintasan yang cukup panjang tersebut, perlu adanya kerjasama dari semua pihak Baik dari sisi sosial, kesehatan, keamanan dan pendanaan.

Dari hasil rapat teknis tersebut terdapat dua tahapan kesepakatan dalam penanganan masalah banjir.

Baca Juga :  Roy Huffington: Kasus Korupsi Dana Hibah FPK di Anambas Rugikan Negara Rp.158.450.000

Jangka Pendek:

1. Melaksanakan Pekerjaan Pembersihan Sungai Batang Tuaka lebih kurang sepanjang 18,8 KM, dengan target pembersihan Gulma dan/atau tumbuhan lainnya yang menutup dan mengganggu aliran sungai.

2. Untuk merealisasikan tujuan pada hurup kesatu, pihak BWS Sumatera III Provinsi Riau bersedia menempatkan Alat berat Eksavator jenis Amfibi di Desa Kuala Sebatu.

3. Pihak PT Setia Agrindo Mandiri (SAGM) bersedia menyediakan biaya Operasional (Biaya BBM, Mobilisasi Alat berat serta biaya operator Eksavator).

Jangka Panjang:

1.Guna mengatasi permasalah banjir, Pihak BWS Sumatera III Provinsi Riau sesuai dengan kewenangannya akan mengupayakan penanganan banjir yang terjadi.

Baca Juga :  Menteri ESDM Resmikan PLTGU Riau Berkapasitas 275 MW

2. Pihak PT SAGM akan berkontribusi dalam hal penanganan banjir yang diharapkan difasilitasi oleh pemerintah Kecamatan dan Kabupaten.

Hasil kesepakatan bersama tersebut ditandatangani oleh Pemerintah Kabupaten Indragiri hilir, Pihak BWS Sumatera III Provinsi Riau, Komisi III DPRD Inhil, PT SAGM, Camat Batang Tuaka, Kapolsek Batang Tuaka, Danramil Batang Tuaka, Kepala Desa, Kuala Sebatu, Pasir Emas, Sialang Panjang dan disaksikan oleh semua peserta rapat.

“Semoga apa yang telah disepakati secara bersama-sama dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab sehingga masyarakat Desa Kuala Sebatu dan wilayah sekitarnya yang terdampak dapat kembali hidup normal,” kata Asisten II Setdakab Inhil, Mukhtar T. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.