HUT Otonom Tanjungpinang ke-21, Sekdaprov Adi Serukan Komitmen Membangun Daerah

Sekda Provinsi Kepri, Adi Prihatna menekan tombol sirine bersama unsur pejabat di Pemko dan FKPD Tanjungpinang. (Foto: istimewa).

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara mengimbau seluruh elemen masyarakat yang berada di Kota Tanjungpinang meneguhkan komitmen dan bersatu padu.

Memberikan karya dan prestasi yang terbaik bagi Kota Tanjungpinang sesuai dengan kapasitas, kapabilitas dan kompetensi masing-masing.

Himbauan ini disampaikan Adi Prihantara saat menghadiri Upacara Peringatan Hari Jadi ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang tahun 2022 di Aula Kantor Walikota Tanjungpinang, Senin (17/10/2022).

Adi juga berharap, peringatan ini dijadikan momentum untuk dapat memperkokoh tugas dan tanggung jawab, meningkatkan kesadaran, kepekaan, dan kemampuan membaca persoalan- persoalan strategis.

Kemudian dijadikan agenda penting dalam mewujudkan Tanjungpinang yang lebih baik.

Baca Juga :  DPRD Lingga Gelar Rapat Paripurna Agenda Penjelasan Ranperda Dari Fraksi

“Peringatan hari jadi ini juga dapat dijadikan sebagai wahana evaluasi atas apa yang sudah dilaksanakan Pemko Tanjungpinang selama ini,” imbuhnya.

Selanjutnya, Adi mengatakan sebagai Ibukota Provinsi Kepri, Pemprov Kepri telah melaksanakan pemerataan dan percepatan pembangunan di Kota Tanjungpinang.

Yaitu, mengembangkan Kota Tanjungpinang sebagai Pusat Pemerintahan, Pendidikan, Wisata Budaya Melayu, Industri Halal, dan Kawasan Free Trade Zone (FTZ).

Meliputi pembangunan jalan lingkar pesisir, serta pembangunan pedestrian dan median jalan Bandara Raja Haji Fisabilillah.

“Kemudian, pembangunan flyover Basuki Rahmat, Gedung LAM Kepri, penataan kota lama dan kawasan cagar budaya Pulau Penyengat, serta pengintegrasian pelabuhan pelantar satu dan dua,” ungkapnya.

Baca Juga :  Catat! Ini 7 Prioritas Pelanggaran Operasi Zebra 2022 di Karimun

Untuk itu, lanjutnya, hari jadi ke-21 Kota Tanjungpinang ini hendaknya dijadikan sebagai momentum agar semua pihak berjuang lebih keras. Menghasilkan kemajuan di provinsi Kepri, khususnya kota Tanjungpinang.

“Melalui kerja bersama dan saling berkontribusi, maka kita mampu menghadapi tantangan yang semakin tidak menentu sebagai perwujudan ekonomi, Kepri sejahtera” ujarnya.

Pada upacara peringatan Hari Jadi Kota Otonom Tanjungpinang ke-21 ini, Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma bertindak sebagai pembina upacara.

Tema peringatan Hari Jadi Otonom Kota Tanjungpinang tahun ini ‘Tanjungpinang yang Maju Bangkit Bersama Menuju Smart City Madani’.

“Makna dari tema tersebut ialah mewujudkan sebuah kota yang maju dan berkembang diperlukan adanya suatu hubungan keterikatan. Sehingga menciptakan semangat gotong royong di tatanan masyarakat Tanjungpinang serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan,” terang Rahma.

Baca Juga :  Kecelakaan Maut, Satlantas Masih Selidiki

Seiring dengan perjalanan panjang yang telah dilalui Tanjungpinang semenjak adanya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2021.

Menetapkan Tanjungpinang sebagai Kota Otonom, terus dilakukan pembenahan dalam birokrasi dan pelayanan masyarakat sehingga kota Tanjungpinang dapat sejajar dengan kota lain di Indonesia.

Rahma berharap peringatan Hari Jadi Otonom Kota Tanjungpinang tidak hanya menjadi seremonial belaka, namun menjadi momentum evaluasi bagi Pemerintah Kota Tanjungpinang.

“Jadikan hari ini momen refleksi tentang sejauh mana penyelenggaraan otonomi daerah bermuara pada kesejahteraan masyarakat Tanjungpinang,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.