Kementerian PPN/ Bappenas Kunjungi Kabupaten Lingg

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas, Amalia disambut rombongan Bupati Lingga, Muhammad Nizar. (Foto: Agus Salim/Radarsatu.com).

LINGGA, RADARSATU.COM – Bupati Lingga Muhammad Nizar sambut kedatangan rombongan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (PPN) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) di Pelabuhan Sei Tenam, Selasa (4/10/2022).

Kunjungan kerja Kementerian PPN/Bappenas sekaligus memahami dinamika dan fakta lapangan. Permasalahan yang ada dan memahami usulan-usulan yang disampaikan daerah, dalam hal ini untuk mewujudkan transformasi ekonomi Indonesia yang banyak sekali komponen-komponennya.

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan, pihaknya mengunjungi Kabupaten Lingga karena ingin melihat langsung kondisi. Sebagai daerah dengan karakteristik perekonomian berbasis sumber daya alam yang rentan mengalami pertumbuhan ekonomi fluktuatif.

Baca Juga :  Wabup Lingga: Padi Desa Lanjut Siap Jadi Benih

Dijelaskan Amalia, salah satu kontributor potensial di Kabupaten Lingga adalah sektor pariwisata berbasis sejarah, budaya dan ziarah yang akan menjadi jangkar untuk keterkaitan backward linkage dan forward linkage, mengangkat sektor-sektor lain di Kabupaten Lingga.

Lingga telah ada sejak abad ke-16, Kabupaten Lingga sebelumnya merupakan pusat Negara Kesultanan Johor-Pahang-Riau-Lingga, memiliki kesenian seperti seni ukir, tenun, dan kerajinan tembaga, pada masa keemasannya,” ungkapnya.

Menjadi kabupaten pada 2003, lanjut Amalia, Lingga kini memiliki berbagai lokasi wisata seperti Makam Sultan Mahmud Riayatsyah, Makam Bukit Cengkeh, Makam Merah, Museum Linggam Cahaya, serta Istana Damnah.

Baca Juga :  BP Batam Gelar Bimtek Perumusan dan Evaluasi Kebijakan

Hadir di dalam rombongan Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Drs Pungky Sumadi, Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Dr. Ir. Subandi, Staf Ahli Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan Bapak Erwin Dimas.

Staf Khusus Menteri Kemal Taruc, dan beberapa Direktur di Kementerian PPN/Bappenas, serta beberapa Perwakilan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Turut serta mendapingi kepala OPD di lingkungan Pemkab Lingga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.