Ansar dan Forkopimda Kepri Ikut Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kepri mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual dari Gedung Daerah, Tanjungpinang. (Foto: istimewa).

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kepri mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual dari Gedung Daerah, Tanjungpinang, Sabtu (1/10/2022).

Presiden RI Joko Widodo sebagai inspektur Upacara Pancasila tingkat nasional yang dipusatkan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Upacara setiap tanggal 1 Oktober setiap tahunnya tersebut diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Menjadi pengingat pentingnya Pancasila yang menjadi dasar negara bangsa Indonesia.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tidak lepas dari peristiwa bersejarah G30S PKI yang menyebabkan gugurnya pahlawan revolusi yaitu sejumlah perwira militer yang menjadi korban dari peristiwa itu.

Mengusung tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”, momentum merefleksikan hal-hal yang telah dan harus dilakukan. Menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan masa yang akan datang.

Presiden Jokowi dalam upacara tersebut mengawalinya dengan memimpin peserta mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa yang telah gugur.

Kemudian, Ketua MPR Bambang Soesatyo membacakan naskah Pancasila. Dilanjutkannya naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dibacakan Ketua DPD La Nyalla Mattalitti.

Selain itu, Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2022 yang membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selepas upacara, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama dengan Wakil Presiden dan Ibu Wury Ma’ruf Amin sejenak mengunjungi Monumen Pancasila Sakti sebelum meninggalkan lokasi acara.

Adapun jajaran Forkopimda Kepri yang hadir di Gedung Daerah dalam lesemoatan ini Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali, Kapolda Kepri Irjen Pol. Aris Budiman.

Hadir juga Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Kemas M. Ikhwan Madani, Wakil Ketua II DPRD Kepri Raden Hari Thajono, Sekretaris Daerah Kepri Adi Prihantara, dan perwakilan Forkompinda Kepri lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *