Bupati Lingga Pimpin Upacara HUT Kepri ke 20 di Daik

Bupati Lingga, Muhammad Nizar menyampaikan amanah Gubernur Kepulauan Riau saat upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Kepulauan Riau ke-20. (Foto: istimewa).

LINGGA, RADARSATU.COM – Bupati Lingga, Muhammad Nizar memimpin upacara momentum Peringatan Hari Jadi Provinsi Kepulauan Riau ke-20 yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Lingga, Sabtu (24/9/2022).

Upacara berlangsung dengan khidmat dengan mengenakan pakaian Melayu yang diikuti oleh seluruh unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga.

Pada sambutannya, Nizar menyampaikan amanah Gubernur Kepulauan Riau terkait skema tujuh tujuan pembangunan diantaranya terwujudnya percepatan pemulihan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi, dimana ekonomi Kepulauan Riau tumbuh sebesar 2,18 persen.

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) turut menunjukkan trend positif dengan indikator Produk Domestik Regional Bruto Atas Dasar Harga Konstan (PDRB ADHK).

Baca Juga :  MTQ ke IX Resmi Dibuka, Nizar: Semoga Lancar dan Berkah

Tahun 2021, PDRB ADHK mencapai angka Rp.180 triliun atau naik Rp.6 triliun dari tahun sebelumnya sebesar Rp.174 triliun.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yag mengalami peningkatan sebesar 0,20 poin, dimana pada tahun 2020 sebesar 75,59 poin dan pada tahun 2021 sebesar 75,79 poin.

“Tingkat Kemiskinan dan Jumlah Penduduk Miskin, berangsur membaik dari 6,13 persen pada tahun 2020 menjadi 5,75 persen pada tahun 2021. Capaian ini lebih baik dari target kemiskinan yang ditetapkan dalam RPJMD Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021-2026 yaitu 6,07 persen pada tahun 2021,” katanya.

Baca Juga :  Ketua Komisi II : Dorong Investasi untuk Pertumbuhan dan Lapangan Kerja di Kepri

Sementara itu, pada tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), mengalami penurunan TPT dari 10,34 persen pada tahun 2020 menjadi 8,02 persen pada tahun 2021.

Kualitas kesehatan pada data perkembangan COVID-19 di Provinsi Kepulauan Riau sudah mulai meningkat aerta kualitas pendidikan yang menempati urutan ke-4 dari 34 provinsi se-Indonesia.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, dalam konteks pembangunan juga melakukan pendekatan kewilayahan, dalam pemerataan dan percepatan Pembangunan di kabupaten-kabupaten yang ada.

Kabupaten Lingga, dipusatkan sebagai Sentra pengembangan pertanian, perkebunan dan peternakan serta pariwisata dengan Revitalisasi Kawasan Masjid Sultan Riau Lingga.

Baca Juga :  Terima Kunjungan BP Batam, Nizar Sampaikan Peluang Investasi di Lingga

Nizar mengajak semua peserta upacara dan masyarakat Kabupaten Lingga, menjadikan momentum peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Kepulauan Riau sebagai tanda untuk berjuang lebih keras untuk mewujudkan “Ekonomi Pulih, Kepri Sejahtera”.

“Langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju perahu kita pun sudah semakin cepat. Namun, kita belum berlabuh sampai di garis akhir. Kita akan terus bersama-sama dalam berkontribusi untuk menghadapi tantangan-tantangan,” ujarnya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.