Sekda Karimun Hadiri Acara HUT IBI RI ke- 71 dan IBI Karimun ke- 22 Tahun

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karimun, Muhammad Firmansyah saat memberikan kata sambutan diacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-71 dan IBI Kabupaten Karimun Ke-22 di Gedung Nasional. (Foto: istimewa).

KARIMUN, RADARSATU.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karimun, Muhammad Firmansyah menghadiri acara Peringatan Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-71 dan IBI Kabupaten Karimun Ke-22 di Gedung Nasional, Sabtu (27/8/2022).

HUT IBI ke-71 kali ini mengusung tema yaitu “Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju”. Dan disejalankan dengan seminar “Pentingnya Nutrisi Untuk Perkembangan Janin Intrauterin”.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa Bidan sendiri merupakan seorang perempuan yang telah lulus dari pendidikan kebidanan (dalam negeri maupun luar negeri).

Baca Juga :  DPD PKS Kota Batam Rekomendasikan Empat Kader Maju Pilkada Batam 2024, Ini Namanya!

Bidan memberikan pelayanan kebidanan kepada masyarakat secara mandiri maupun di fasilitas kesehatan (RS, Puskesmas, dll). Seorang bidan harus telah lulus uji kompetensi atau memiliki Surat Tanda Registrasi.

Tugas dan wewenang seorang bidan dalam memberikan pelayanan kebidanan telah diatur dalam UU No. 4 tahun 2019, yaitu tentang praktik bidan mandiri hanya diperuntukan bagi bidan berpendidikan profesi, sedangkan bidan dengan kualifikasi pendidikan diploma hanya dapat menjalankan praktik di fasilitas kesehatan.

Pendidikan kebidanan terdiri atas pendidikan akademik, pendidikan vokasi (program D III), dan pendidikan profesi. Pendidikan akademik terdiri dari program sarjana, program magister, dan program doktor.

Baca Juga :  Hadiri Musrenbang, Abdul Haris Paparkan 4 Program Strategis Anambas ke Gubernur Kepri

Pendidikan vokasi merupakan program diploma tiga (D III) kebidanan. Sedangkan pendidikan profesi merupakan program lanjutan dari program pendidikan setara sarjana atau program sarjana.

Dalam sambutannya, Sekda Kabupaten Karimun, Muhammad Firmansyah sangat mengapresiasi atas dilaksanakannya peringatan HUT Ikatan Bidan Indonesia yang ke-71 dan Ikatan Bidan Indonesia Kab.Karimun Ke-22.

“Pentingnya peningkatan sumber daya manusia di bidang kesehatan yaitu meningkatkan uji kompetensi para bidan di Kabupaten Karimun guna menjadi Bidan yang profesional dan maju lebih jaya dimasa depan,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.