Danrem 033/WP Menutup Secara Resmi Program TMMD ke-114 di Wilayah Kodim 0317/TBK

Dansatgas TMMD ke-114, Letkol Inf Agus Rediyanto menyerahkan laporan berita acara hasil kegiatan TNI Manunggal Membangun Desan (TMMD) kepada Bupati Karimun, Aunur Rafiq disaksikan Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto. (Foto: istimewa).

KARIMUN, RADARSATU.COM – Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto menutup secara resmi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 tahun 2022 di Wilayah Kodim 0317/TBK, Rabu (24/8/2022).

Penutupan TMMD ini diawali dengan upacara. Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto sebagai Inspektur upacara.

Upacara itu turut dihadiri Bupati Karimun, Aunur Rafiq, Kasi Ter Korem 033/WP Febi Triandoko, Dandim 0317/TBK Letkol inf. Agus Agus Rediyanto, Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano, Kejari Karimun Melinda, Anggota DPRD Karimun Akham dan Ketua Apindo Dwi Untung.

Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto menyampaikan amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Adapun amanatnya yaitu, kegiatan penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 TA.2022 diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dangotong royong serta kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Selama satu bulan sejak tanggal 26 Juli sampai dengan 24 Agustus 2022 para prajurit, Polri, Pemda dan masyarakat telah bahu-membahu menyelesaikan program TMMD ke-114 tahun 2022.

Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa khususnya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di wilayah.

Kepala Staf Angkatan Darat dan selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiel sehingga kegiatan TMMD ke-114 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Baca Juga :  2.176 Tahanan Di Kepri Dapat Remisi HUT Kemerdekaan RI

Program TMMD ini telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD), setelah melalui berbagaievaluasi dan penyempurnaan program TMMD yang telah berlangsung selama 42 tahun ini semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat dibutuhkan.

Pada program TMMD ke-114 tahun 2022 yang dilaksanakan di wilayah Kodam I/BB khususnya di wilayah Kodim 0317/TBK Korem 033/WP telah dikerjakan sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur diantaranya yaitu.

Semenisasi Pelabuhan Selat Mendaun Kecamatan Selat Gelam berukuran 130 meter x 6 meter, semenisasi jalan Pelabuhan Gang Masjid Kecamatan Selat Gelam dengan ukuran 430 meter x 4 meter, Perehaban Rumah Tidak Layak Huni di Desa Selat Mendaun Kecamatan Selat Gelam sebanyak 6 unit.

Perehaban Rumah Tidak Layak Huni di Desa Parit Kecamatan Selat Gelam sebanyak 4 unit dan Pembangunan Jamban di Desa Selat Mendaun Kecamatan Selat Gelam sebanyak 10 unit serta Pembangunan Jamban di Desa Parit Kecamatan Selat Gelam sebanyak 10 unit.

Baca Juga :  Dansatgas TMMD Ke-114 Tinjau Rehap Rumah di Pulau Parit

Pencapaian program sasaran fisik di atas juga diimbangi dengan pencapaian pada sasaran non-fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Pendidikan, Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Kemudian Narkoba, Keagamaan, penyuluhan Bahaya Faham Radikal dan Teroris, penyuluhan Mitigasi Bencana Alam, Kebakaran Hutan dan Lahan, penyuluhan Pertanian dan Ketahanan Pangan, penyuluhan Stunting dan Posbindu.

Kegiatan ini dibutuhkan dalam rangka membangun serta memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat untuk mendukung program pemerintah tentang percepatan penurunan Stunting, ketahanan pangan dan penanganan kesehatan.

Kepala Staf Angkatan Darat selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD menyampaikan permohonan maaf apabila dalam pelaksanaan TMMD ini terdapat tutur kata sikap dan tingkah laku para prajurit saya yang tidak berkenan di hati masyarakat baik disengaja maupun tidak disengaja.

Ada beberapa atensi dan harapan yang perlu disampaikan sebagai tindak lanjut dari program TMMD ke-114 ini diantaranya.

Pelihara terus semangat kebersamaan dan Kemanunggalan antara TNI-Rakyat jangan mudah terhasut dan terprovokasi.

Pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini.

Pelihara hasil program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang.

Baca Juga :  DPRD Dan Pemkab Anambas Sepakat Buka Kembali Akses Transportasi Laut

Kepada para Dansatgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang.

Dan terakhir kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dengan selesainya kegiatan ini segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan.

Usai upacara penutupan, Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto melakukan peninjauan hasil TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Ta 2022 di Desa Selat Mendaun dan Desa Parit Kecamatan Selat Gelam.

Bakti sosial Pelayanan KB Kes dalam rangka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 tahun 2022 meliputi Pemasangan Implan, Pemasangan IUD, Pemeriksaan IVA, Pengobatan gratis untuk Lansia, Pembagian sembako dalam rangka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Ta 2022.

TMMD adalah wujud program TNI dalam mendukung pemerintahan daerah untuk membangun masyarakat sesa, Keberhasilan TMMD ke- 114 di wilayah Kodim 0317/TBK merupakan suatu kebanggaan.

Dengan Selesai nya kegiatan TMMD ke- 114 tahun 2022 di wilayah kodim 0317/TBK Sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat silaturahmi persatuan dan kesatuan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.