Pemkab Karimun Laksanakan Upacara Tradisi Taptu dan Pawai Obor

Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Dandim 0317/TBK, Letkol Inf Agus Rediyanto dan Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano melepas ribuan peserta pawai obor. (Foto: Riandi/Radarsatu).

KARIMUN, RADARSATU.COM – Pemerintah Kabupaten Karimun menggelar upacara tradisi Taptu (Pawai obor) yang dilaksanakan di depan Panggung Putri Kemuning Coastal Area, Selasa (16/8/2022).

Dalam tradisi upacara Taptu ini, Dandim 0317/TBK, Letkol Inf Agus Rediyanto bertindak sebagai Inspektur upacara dan dihadiri Bupati Karimun, Aunur Rafiq, Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyalaan obor yang dilakukan Dandim 0317/TBK, Letkol Inf Agus Rediyanto secara simbolis kepada tiga siswa.

“Malam ini kita bersama-sama berada disini (Coastal Area) untuk melaksanakan upacara Taptu atau pawai obor yang merupakan bagian dari rangkaian memperingati hari Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022,” kata Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Baca Juga :  KPK Sebut Pejabat Kepri Yang Melaporkan Harta Kekayaannya Masih Rendah

Rafiq mengatakan, antusias masyarakat juga cukup tinggi untuk menyaksikan momentum malam Taptu tersebut dikarenakan tiga tahun terakhir Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun tidak melaksanakannya akibat Pandemi COVID-19.

“Sebagaimana kita lihat dalam kegiatan Taptu atau pawai obor ini, antusias masyarakat cukup tinggi karena sudah tahun tidak dilaksanakan. Alhamdulilah, melihat situasi dan kondisi Kabupaten Karimun saat ini dapat memungkinkan maka kita melaksanakan,” katanya.

Rafiq menjelaskan, Taptu atau pawai obor ini dilaksanakan dengan tujuan mengenang kembali nilai-nilai sejarah perjuangan Jenderal Sudirman waktu memperjuangkan Negara Republik Indonesia.

Baca Juga :  Pemkab Karimun Meraih BKN Award Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja

“Tujuannya tidak lain dan tidak bukan untuk mengenang kembali nilai-nilai sejarah perjuangan bapak Jenderal Sudirman yang melakukan tapak kilas dan kita berikan kepada generasi muda agar tumbuh rasa cinta kepada negara, tanah air dan bangsa Indonesia,” jelasnya.

Menurutnya, dengan mengingat sejarah, mudah-mudahan tertanam jiwa patriotisme di dada generasi muda dan bangga menjadi Putra-Putri Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.