Gali Semangat Gotong-royong dan Kebangsaan, TMMD ke-114 Tahun 2022 Resmi Dibuka

Danrem 033/ Wira Pratama Brigjen TNI, Yudi Yulistyanto melakukan foto bersama usai pembukaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-114 tahun 2022 di Kabupaten Karimun. (Foto: Riandi/Radarsatu).

KARIMUN, RADARSATU.COM – Pembukaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke – 114 tahun 2022 di Kabupaten Karimun disaksikan langsung oleh Danrem 033/ Wira Pratama Brigjen TNI, Yudi Yulistyanto, Selasa (26/7/2022).

Kegiatan TMMD ke- 114 tahun 2022 yang dipusatkan di Desa Selat Mendaun, Kecamatan Selat Gelam, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri itu dibuka oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq yang juga disaksikan oleh Aspolwilhan I, Brigjen TNI Bosco Harioyunanto.

Pembukaan itu turut dihadiri Gubernur Kepri yang diwakili Kasi Trantib Kepri Frengki, Kasi Intel Korem 033/WP Letkol Inf Dafy Darma Putra, Kasi Ops Korem 033/WP Letkol Inf Zusnan Hadi Hudaya, Kasi Ter Korem 033/WP Febi Triandoko, Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano, Dan Lanal TBK diwakili oleh Palaksa Lanal TBK Mayor Laut (P) Panjaitan dan Ketua DPRD Kabupaten Karimun Muhammad Yusuf sirat.

Baca Juga :  Ada yang Positif COVID-19 di Kantor Bupati Bintan, Gak Semua Pegawai Ngantor

Perlu diketahui, TMMD adalah wujud Operasi Bhakti TNI kepada masyarakat, yang merupakan sinergitas program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Kementerian/Lembaga Pemerintah, Pemerintah Daerah serta komponen lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah perdesaan.

Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menggali semangat gotong-royong dan kebangsaan, dimana Kabupaten Karimun merupakan daerah terdepan Indonesia, sehingga masyarakatnya harus memiliki pemahaman terhadap potensi- potensi yang ada di daerah.

“Semangat TMMD ini lahir dari inisiasi Panglima Abri Jenderal Yusuf yang dimana, ini merupakan bentuk ungkapan terimakasih kepada masyarakat desa dengan cara bersama-sama membangun desa,” kata Brigjen TNI Yudi usai membuka secara resmi TMMD ke XIV tahun 2022 di Karimun, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga :  Sebuah Rumah di Karimun Ludes Terbakar

Ia mengatakan, TMMD ini juga sebegai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang dulunya menderita pada masa perjuangan dalam memerdekakan Indonesia. Lebih lanjut, ia juga berpesan agar semangat untuk membangun desa harus selalu dijaga.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, kegiatan TMMD sangat relevan dengan keinginan masyarakat.

“Hampir setiap tahun Kabupaten Karimun mengucurkan anggaran untuk pelaksanaan TMMD. Kegiatan ini sangat dirasakan manfaatnya, dimana dengan anggaran yang terbatas namun pembangunan tetap dapat dilakukan dengan manfaat yang besar,” katanya.

Rafiq menambahkan, kegiatan TMMD ini bukan hanya berbentuk fisik, namun juga Non Fisik. Program TMMD ini dilakukan, selain sebagai bentuk kepedulian TNI juga sebagai salah satu upaya untuk melestarikan budaya luhur Bangsa Indonesia yang menjadi makna inti dari Pancasila, yaitu gotong royong.

Baca Juga :  Selalu Menumpang Saat Buang Air, Anggota Satgas TMMD Buatkan Jamban Untuk Warga

“TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga betapa penting dan luar biasanya semangat gotong royong dalam membangun bangsa. Semua bahu membahu, memberikan sumbangsih, baik materi, ide dan gagasan, tenaga maupun keterampilan yang dimiliki serta yang terpenting, TMMD ini merupakan salah satu upaya untuk terus mengedukasi masyarakat tentang nasionalisme, wawasan kebangsaan, meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman terorisme dan radikalisme yang dapat menggerogoti keutuhan Bangsa Kita,” tambahnya.

Dalam pelaksanaan TMMD ke 114 di Karimun ini, akan menyasar pembangunan fisik berupa semenisasi jalan, rehab rumah sebanyak 10 unit, dan pembangunan 20 jamban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.