Gelar UKW Gratis, Dewan Pers Harapkan Wartawan Kompeten, Jambi Paten!

Dewan Pers kembali menggelar kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) secara gratis yang diselenggarakan di Hotel Aston di Provinsi Jambi selama dua hari, Selasa 28 Juni dan Rabu 29 Juni 2022. (Foto: Istimewa)

JAMBI, RADARSATU.COM – Dewan Pers kembali menggelar kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) secara gratis yang diselenggarakan di Hotel Aston di Provinsi Jambi selama dua hari, Selasa 28 Juni dan Rabu 29 Juni 2022.

Pada UKW tersebut, yang menjadi leader pelaksanaan kegiatan adalah Lembaga Uji UPN (Universitas Pembangunan Nasional) Veteran Yogyakarta.

Sebanyak 60 orang wartawan dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Jambi sebagai peserta UKW gratis itu, bahkan ada peserta yang datang dari luar Provinsi Jambi yakni, Provinsi Lampung.

Peserta UKW ini difasilitasi Dewan Pers dan 36 orang peserta diuji oleh Lembaga Uji UPN “Veteran” Yogyakarta, sisanya diuji PWI.

Penguji dari UPN “Veteran” Yogya yaitu Dr. Susilastuti Dwi N, M.Si, Dr. Agung Prabowo M.Si, Drs. Arif Wibawa, M.Si, Dra. Esti Susilarti, M.Pd, Mahmud Marhaba dan Saibansah Dardani, S.Ag.

Anggota Dewan Pers yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi Pemberdayaan Organisasi Periode 2022-2025, Asmono Wikan mengatakan, Dewan Pers sangat menaruh perhatian dengan upaya meningkatkan kompetensi wartawan di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  DPRD Inhil Berikan Ulang Tahun dan Ucapan Selamat HUT TNI Ke-76 Untuk Dandim 0314/Inhil

Hanya dengan dukungan wartawan yang kompeten dan berkualitaslah, perusahaan pers dan dan pers Indonesia akan tumbuh dan berkembang. Hal itu akan mendorong berkembangnya iklim demokrasi di Indonesia.

“Wartawan dituntut untuk berperan menjaga iklim demokrasi di Indonesia, sebagai pilar keempat. Untuk itu, wartawan Indonesia harus kompeten dan terus meningkatkan skill dan kemampuan diri mereka,” katanya saat membuka UKW di Jambi.

Menurut Asmono, jika wartawan Jambi sudah kompeten, maka Jambi akan paten. “Wartawan kompeten, Jambi paten,” tegasnya yang disambut aplaus antusias para perta UKW Fasilitasi Dewan Pers.

Sementara itu, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta, Dr. Agung Prabowo M.Si mengatakan, sebagai institusi akademis negeri, UPN Veteran Yogyakarta memiliki hubungan historis yang cukup dekat dengan PWI. Terutama, saat Ketua Umum PWI Pusat masih dijabat oleh Tarman Azam. Beberapa kali, UPN Veteran Yogyakarta memfasiliasi kegiatan organisasi wartawan tertua di Indonesia itu.

Baca Juga :  PPDB Jenjang SMP di Karimun Belum Terpenuhi

“Hubungan kami dengan PWI selama ini sangat bagus, beberapa kali kami memfasilitas kegiatan PWI di Yogyakarta. Semuanya itu demi kemajuan dunia jurnalistik dan profesionalisme wartawan Indonesia,” ujar Agung Prabowo.

Kegiatan UKW kali ini menjadi momentum bagi UPN Veteran Yogyakarta dan PWI untuk kembali mengulang kebersamaan tersebut. Apalagi, 4 orang penguji UPN Veteran Yogyakarta yang menguji kali ini, Susilastuti, Esti Susilarti, Mahmud Marhaba dan Saibansah Dardani adalah anggota PWI.

“UPN Veteran Yogyakarta sebagai lembaga uji yang mendapat lisensi dari Dewan Pers, merasa bersyukur dan bangga ikut berkontribusi bersama-sama dengan PWI meningkatkan kompetensi wartawan di Indonesia,” tambahnya.

Seusai pelaksanaan UKW, Direktur Lembaga Uji UPN Veteran Yogyakarta, Dr. Susilastuti Dwi N, M.Si mengatakan, para wartawan yang menjadi peserta UKW oleh UPN Veteran Yogyakarta, telah mengikuti seluruh rangkaian tes dengan baik.

Peserta UKW yang berjumlah 36 orang, tidak ada satu orang pun yang telat hadir. Sungguh ini satu bukti, betapa wartawan Jambi begitu serius dan berkomitmen tinggi dalam menjalani UKW gratis tersebut.

Baca Juga :  Medali Untuk Atlet Kepri di POPWIL I Aceh

“Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta UKW yang diuji oleh UPN Veteran Yogyakarta karena tidak ada satu orang pun yang terlambat hadir, semuanya hadir tepat waktu dan mengikuti seluruh rangkaian mata uji dengan baik,” papar Susilastuti saat penutupan kegiatan UKW gratis itu.

Meskipun masih ada peserta yang dinyatakan belum kompeten, lanjut dosen UPN Veteran Yogyakarta yang juga anggota PWI itu, tapi itu bukanlah akhir dari karir jurnalistik mereka. Masih ada kesempatan untuk kembali mengikuti UKW paling cepat enam bulan mendatang.

“Para peserta yang dinyatakan kompeten pada UKW gratis di Jambi ini, akan menjadi bagian dari keluarga besar alumni UKW UPN Veteran Yogyakarta yang saat ini berjumlah 831 orang dan tersebar di seluruh Indonesia,” ujar anggota Dewan Redaksi Majalah Suara Aisyiah itu mengakhiri. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.