Gubernur Kepri Serius Akan Benahi Bandara Karimun

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad berdiskusi dengan pengurus Kerabat Kabupaten Karimun Jakarta (K3J) di Gedung BPSDM Kemendagri, Kalibata Raya, Jakarta Selatan, Minggu (5/6/2022). (Foto: Istimewa)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengungkapkan keseriusannya untuk membenahi Bandar Udara (Bandara) Raja Haji Abdullah (RHA) Karimun.

Hal tersebut disampaikan Ansar saat menghadiri halal bihalal dan pelantikan pengurus Kerabat Kabupaten Karimun Jakarta (K3J) di Gedung BPSDM Kemendagri, Kalibata Raya, Jakarta Selatan, Minggu (5/6/2022).

Ansar menargetkan, Bandara Karimun akan segera disinggahi pesawat sekelas Boeing 737, selambat-lambatnya akhir tahun 2023 atau awal 2024 mendatang.

Ia menjelaskan, saat ini Bandara RHA Karimun hanya bisa didarati pesawat berukuran kecil karena jalur runway baru sepanjang 1.600 meter.

Baca Juga :  Pawai Budaya 2019 Berlangsung Semarak

“Sedangkan untuk pesawat berukuran besar, minimal runway harus sepanjang 2.000 meter,” jelasnya.

Perlu diketahui, untuk tahun 2022 ini, Pemprov Kepri sudah mengubah kan dana sebesar Rp10 miliar untuk pembebasan lahan perpanjangan bandara tersebut.

Oleh karena itu, Ansar mengajak seluruh elemen masyarakat agar mendukung kebijakan ini untuk menciptakan pemerataan ekonomi dan pembangunan infrastruktur di Kepri.

“Kita jaga terus silaturahmi seperti ini dalam rangka memperkokoh persaudaraan, hilangkan rasa sombong di hati. Mari kita bangun Kepri bersama-sama,” ujarnya.

Baca Juga :  Kembali Gelar Aksi, Puluhan Mahasiswa se-Kepri Geram Tak Kunjung Ketemu Gubernur

Ansar menambahkan, saat ini Pemprov Kepri tengah berupaya meminta Kementerian Perhubungan RI agar membuka penerbangan maskapai Wings air (ATR 70) dengan jalur Jemaja – Tanjungpinang – Karimun – Pekanbaru.

Upaya Pemprov membuka jalur penerbangan tersebut adalah upaya mengurai keterisoliran, agar akses masyarakat di tiga daerah di Kepri tersebut bisa lebih luas dan mudah.

“Infrastruktur, komunikasi, transportasi dan termasuk membuka jalur penerbangan baru seperti ini kita lakukan. Karena dengan demikian jalur-jalur perekonomian akam terbuka pula,” tambahnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.