Jejak Langkah Agus Wibowo

Agus Wibowo saat mendaftar sebagai Calon Ketua DPC Partai Demokrat Kota Tanjungpinang.

Agus Wibowo atau yang biasa disapa AW, seorang politikus muda yang saat ini berkiprah di Kabupaten Bintan dengan menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Bintan. Pria berusia 36 tahun lebih itu, merupakan salah satu kader terbaik Partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau.

Sosok yang saat remajanya lebih senang menjadi pembalap motor ini, dilahirkan pada tanggal 3 Agustus 1985 dari rahim seorang ibu bernama Caskini dan ayah bernama Hariyadi atau yang lebih dikenal dengan nama Acok. Almarhum sang ayah, merupakan salah satu pengusaha sukses saat itu yang ada di Provinsi Kepulauan Riau khususnya Tanjungpinang – Bintan.

Namun dalam perjalanan hidup AW, ternyata langkah kariernya tidak sesuai dengan apa yang menjadi hobinya disaat remaja yaitu sebagai pembalap motor. Kendati dirinya sempat mengikuti jejak langkah sang ayah dengan menjadi seorang pengusaha, namun kemudian AW memutuskan memutar haluan dengan memilih mengabdikan diri pada masyarakat melalui Partai Politik yaitu Partai Demokrat.

Agus Wibowo dan Istrinya Eis Aswati.

Suami dari Eis Aswati yang merupakan Anggota DPRD Provinsi Kepri periode 2019 – 2024 ini, mulai bergabung di Partai Demokrat sejak tahun 2012. Dimana saat itu, dirinya langsung mendapatkan kepercayaan untuk memimpin Partai Demokrat di Kabupaten Bintan sebagai Ketua DPC.

Alhasil, di bawah kepemimpinannya, AW berhasil mengantarkan Partai Demokrat sebagai Partai terbesar kedua di Kabupaten Bintan pada Pemilu 2014 dengan perolehan sebanyak 6 kursi di DPRD Kabupaten Bintan. Bahkan salah satu dari 6 orang tersebut, diantaranya adalah Agus Wibowo yang pada saat itu merupakan Anggota DPRD termuda di Kabupaten Bintan dengan usia yang baru menginjak 29 tahun.

Baca Juga :  Peduli Dampak Corona, Wabup Lingga dan Pengusaha Pancur Bagi-bagi Sembako

Seiring perjalanan waktu, Agus Wibowo bersama DPC Partai Demokrat Kabupaten Bintan terus mematangkan kekuatan Partai dengan membangun kepercayaan seluas-luasnya dari masyarakat yang ada di Kabupaten Bintan. Bahkan pada Pemilu 2019, Partai Demokrat yang masih di bawah kepemimpinan Agus Wibowo berhasil tampil sebagai Pemenang dengan perolehan suara paling banyak di DPRD Kabupaten Bintan hingga mencapai 8 kursi atau bertambah 2 kursi dibandingkan dengan hasil Pemilu 2014.

Dengan perolehan suara terbanyak pada Pemilu 2019, maka Partai Demokrat berhak menduduki posisi sebagai Ketua DPRD. Kepercayaan atas jabatan Ketua DPRD Kabupaten Bintan tersebutpun dipercayakan ke Agus Wibowo, kendati usianya saat itupun baru menginjak 34 tahun.

Tentu kepercayaan yang diberikan oleh DPP Partai Demokrat kepadanya bukan tanpa alasan, disamping kesuksesannya mengantarkan Partai Demokrat tampil sebagai pemenang juga yang menjadi pertimbangan adalah pengalaman dan kematangannya selama 5 tahun menjadi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bintan yaitu Periode 2014 – 2019.

Ketua DPRD Kabupaten Bintan periode 2019 – 2024 ini, kendati memiliki usia yang terbilang muda, namun menjadi sosok yang banyak menentukan kebijakan pembangunan di Kabupaten Bintan selama ini. Bahkan dirinya cukup tegas terhadap hal-hal yang dipandangnya tidak sesuai atau merugikan kepentingan masyarakat, sebab dalam pandangannya, keberadaan DPRD tidak lain adalah untuk menyuarakan dan memperjuangkan apa yang menjadi kebutuhan dan kepentingan masyarakat.

Baca Juga :  Iskandarsyah: Mudah-mudahan Bantuan Ini Bisa Meringankan Beban Masyarakat

Sosok yang telah dikarunia 3 orang anak yaitu Venus Ayra Putry, Aisyah Garia Putry dan Myrson Wibowo, merasa bahwa kesuksesan Partai Demokrat tidak cukup hanya di Kabupaten Bintan. Maka dirinya yang sudah tidak menjabat sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bintan, memiliki niat untuk membesarkan Partai Demokrat di Ibukota Provinsi Kepri yaitu Kota Tanjungpinang.

Peluang tersebutpun terbuka ketika DPD Partai Demokrat Provinsi Kepri membuka pendaftaran calon Ketua DPC Partai Demokrat se-Provinsi Kepri, dimana hal tersebut dilakukan seiring berakhirnya masa jabatan ketua DPC dimasing-masing Kabupaten / Kota.

Ternyata niat AW, disambut positif dan antusias sejumlah kader Partai maupun sebagian besar Pengurus PAC Partai Demokrat yang ada di Kota Tanjungpinang. Dengan dukungan tersebut, Awe membulatkan tekad untuk membenahi, menata dan mengembangkan Partai Demokrat di Kota Tanjungpinang yang menurutnya justru semakin mengalami kemerosotan.

Kemerosotan tersebut disebabkan oleh berkurangnya jumlah kursi Partai Demokrat di DPRD Kota Tanjungpinang, yang awalnya memiliki 4 kursi kemudian turun hingga 3 kursi pada Pemilu 2014 dan turun lagi hingga 2 kursi pada Pemilu 2019.

Baca Juga :  Isdianto Resmi Sandang Gubernur Kepri Definitif

Dengan adanya dukungan sejumlah PAC Partai Demokrat di Kota Tanjungpinang serta tekad mengembangkan Partai yang didirikan oleh Presiden RI ke-6 yaitu H. Susilo Bambang Yudhoyono di Ibukota Provinsi Kepri, maka pada tanggal 18 April 2022 secara resmi Agus Wibowo telah menyerahkan berkas pendaftaran secara langsung ke Panitia Pendaftaran Calon Ketua DPC Partai Demokrat Kota Tanjungpinang.

Bahkan hingga berakhirnya masa pendaftaran, AW menjadi satu-satunya calon yang mendaftarkan diri dan mendapatkan dukungan dari seluruh PAC yang ada.

Apakah Agus Wibowo akan menjadi Ketua DPC Partai Demokrat Kota Tanjungpinang, tentu keputusannya ada pada AHY selaku Ketua Umum Partai Demokrat.

Namun dengan melihat dukungan yang luar biasa dari kader maupun pengurus Partai Demokrat di Kota Tanjungpinang serta pengalaman, kemampuan dan kesuksesan AW dalam memimpin DPC Partai Demokrat di Kabupaten Bintan akan menjadi nilai plus bagi AW untuk mendapatkan mandat tersebut.

Pemilu 2024 dalam hitungan lebih kurang 2 tahun kedepan, tentunya akan menjadi kancah politik yang semakin dinamis jika AW memimpin DPC Partai Demokrat Kota Tanjungpinang. Hal ini mengingat, pengalaman dan keberhasilannya selama memimpin Partai Demokrat di Kabupaten Bintan serta target yang sudah dirinya tentukan yaitu sebanyak 5 kursi Partai Demokrat di DPRD Kota Tanjungpinang pada Pemilu 2024 mendatang. (Akok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.