Dinas Pariwisata Karimun Luncurkan Slogan Enjoy Karimun, Ini Maknanya?

Slogan Enjoy Karimun yang diluncurkan Dinas Pariwisata Karimun. (Foto: istimewa).

KARIMUN, RADARSATU.COM – Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) terus berbenah diri untuk melakukan promo pariwisata melalui media sosial maupun di dunia nyata.

Hal tersebut bisa dilihat di kanal media sosial resmi milik Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Karimun baik di instagram, facebook, twitter maupun di platform Youtube.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun Muhammad Yunus melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata Kabupaten Karimun, Ahadian Zulseptriadi membenarkan saat ini pihaknya sedang melakukan promosi untuk membangkitkan sektor pariwisata di Kabupaten Karimun.

“Sesuai instruksi pimpinan dan sesuai tupoksi, kami saat ini sedang melakukan strategi untuk membangkitkan dunia pariwisata di kabupaten Karimun. Kita coba bangkit dan semangat kembali dengan memanfaatkan pemasaran di dunia maya dan nyata,” kata Ahadian, Rabu (13/4/2022).

Tidak tanggung-tanggung, kebangkitan promosi wisata itu bahkan ditandai dengan merilis logo untuk slogan atau hastag terbaru Dinas Pariwisata Karimun yakni ‘Enjoy Karimun’.

Baca Juga :  Kades Sunggak Kembali Serahkan Bantuan BLT-DD

Ahadian mengatakan, dalam logo Enjoy Karimun tersebut terlihat ada sejumlah warna yang menghiasi tiap tulisan dengan filosofinya masing-masing.

“Logo yang berwarna hijau, kuning, biru, merah jambu, putih, oranye dan hitam ini ada filosofinya,” katanya.

Ahadian menjelaskan, untuk penggunaan ikon seperti Daun Sirih ialah sebagai makna penghormatan dan penghargaan kepada para wisatawan baik regional maupun mancanegara yang datang dan berkunjung di kabupaten karimun.

“Maknanya adalah daun sirih itu sendiri banyak digunakan sebagai obat, begitu juga dengan Kabupaten Karimun. Sebagai sajian wisata yang ada di kabupaten Karimun dapat membawa banyak manfaat bagi wisatawan yang berkunjung di kabupaten Karimun,” jelasnya.

Tidak hanya daun sirih, dalam filosofi logo Enjoy Karimun juga tampak adanya gelombang laut. Gelombang Laut, kata Ahadian, sebagai penjelasan bahwa kabupaten karimun merupakan daerah kepulauan yang memiliki banyak sumber daya alam disektor kelautan.

Baca Juga :  Pemkab Karimun Kembali Rilis Satu Pasien Positif Covid-19

“Sehingga diharapkan destinasi wisata di bidang kelautan yang ada di karimun, dapat menjadi salah satu tujuan utama untuk para wisatawan yang berkunjung ke karimun. Sehingga, melalui makna itu dapat menciptakan suasana “Enjoy” sebagaimana logo ini dibuat bertulisan Enjoy Karimun,” ujarnya.

Selain daun sirih dan gelombang, ada juga Tugu MTQ dan tiang anjungan Karimun yang di tampilkan dalam filosofi tersebut.

Dimana, Tugu MTQ sebagai makna bahwa Kabupaten Larimun merupakan kabupaten yang banyak melahirkan generasi generasi yang berkompeten dalam segala aspek. Tugu juga melambangkan kejayaan kesuksesan dan cita – cita untuk mewujudkan daerah Baidatun Thayyibatun Wa Robbun Ghofur.

“Sementara untuk tiang anjungan Karimun sebagai makna gerbang masuk kabupaten karimun, selain itu juga karena bentuknya yang menyerupai grafik memberikan makna bahwa Kabupaten Karimun terus bergerak untuk menuju pembangunan yang lebih baik. Sehingga tercapainya cita cita pembangunan yang berlandaskan pada 4 Azam Kabupaten karimun,” paparnya.

Baca Juga :  Pemkab Karimun Salurkan Bantuan Kepada Korban Puting Beliung di Kecamatan Sugi Besar

Untuk Font dari logo Enjoy Karimun itu sendiri terinspirasi dari bentuk font logo visit indonesia.

“Font karimun ini terinspirasi dari bentuk font logo visit indonesia, sehingga diharapkan kabupaten karimun dapat mewujudkan cita cita negara utuk membangkitkan gairah di bidang pariwisata khususnya dan beberapa aspek lainnya. Dengan demikian, tentunya dapat membantu memulihkan perekonomian daerah khususnya di Kabupaten Karimun,” ujarnya.

Ahadian menambahkan, dengan rilisnya logo Enjoy Karimun tersebut maka Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun tidak lagi menggunakan slogan ‘Karimun Tourism’.

“Branding Pariwisata Karimun saat ini resmi berubah menjadi Enjoy Karimun, perubahan branding pariwisata ini akan terus-menerus kita sosialisasikan ke seluruh pelaku wisata dan masyarakat,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.