Wabup Anambas: Pileg 2024, 30 Persen Harus Diisi Calon Kaum Perempuan

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Wan Zuhendra membuka secara resmi kegiatan sosialisasi peningkatan kapasitas politik kaum perempuan yang digelar di Aula Hotel Anambas In, Kamis (24/3/2022) lalu. (Foto: Istimewa).

ANAMBAS, RADARSATU.COM – Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Wan Zuhendra membuka secara resmi kegiatan sosialisasi peningkatan kapasitas politik kaum perempuan yang digelar di Aula Hotel Anambas In, Kamis (24/3/2022) lalu.

Dalam kegiatan itu turut dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, Kapolres Kepulauan Anambas, Bawaslu Anambas, KPU Anambas, Kacabjari Cabang Natuna, Kemenag Anambas, Bakesbangpol Anambas Perwakilan Partai Politik, dengan peserta kaum perempuan utusan Parpol dan utusan organisasi wanita lainnya.

Kegiatan ini mengangkat tema “Memperkuat Pengetahuan, Peran dan Aspirasi Politik Kaum Perempuan di Kabupaten Kepulauan Anambas”.

Wan Zuhendra mengatakan, Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) pada 2024 mendatang bahwa Partai Politik (Parpol) dapat menempatkan 30 persen dari kaum perempuan dalam kepengurusan dan calon anggota legislatif.

“Pemerintah akan mengupayakan agar keterwakilan perempuan dapat meningkat, Undang-Undang Pemilu diwajibkan untuk menyertakan kepengurusan dan pencalonan itu sebanyak 30 persen kaum perempuan,” katanya.

Menurutnya, dengan diciptakan Undang-Undang tersebut, saat ini telah terjadi peningkatan yang signifikan pada pencalonan perempuan di legislatif. Perwakilan perempuan sangat penting dalam mengambil arah kebijakan publik terkait isu-isu terkait ibu, anak dan keluarga serta aspirasi perempuan sebagai kaum mayoritas penduduk Negara Indonesia.

“Untuk itu bagi kaum perempuan jangan merasa lemah, mungkin boleh jadi lemah dalam fisik namun tidak dalam pemikiran. Saat ini kita membutuhkan pemikiran yang sama-sama ingin membangun Anambas menjadi lebih baik lagi kedepan,” ujarnya.

Wan Zuhendra mengharapkan agar semua perempuan bertekad dalam rangkaian pemilihan sampai dengan tahun 2024 yang merupakan tanggung jawab bersama karena harus terselenggara dengan baik dan sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *