Resmikan Kantor JMSI Kepri, Ketua KPK dan Ketum JMSI Disematkan Tanjak Tebing  Runtuh

Pembina JMSI Kepri, Yan Fitri Halimansyah menyematkan Tanjak Tebing Runtuh kepada Ketua KPK RI, Firli Bahuri. (Foto: Istimewa).

BATAM, RADARSATU.COM – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Firli Bahuri bersama Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), Teguh Santosa meresmikan Kantor Sekretariat JMSI Kepri yang beralamat di Kawasan King Business Centre (KBC) Blok A5 No.18/19, Batam Center, Sabtu (19/3/2022).

Saat tiba di lokasi peresmian,  Ketua KPK RI dan Ketua umum JMSI langsung disambut dengan tari silat persembahan dan dipakaikan Tanjak Tebing Runtuh oleh Pembina JMSI Kepri, Yan Fitri Halimansyah.

Tanjak pertama disematkan oleh Pembina JMSI Kepri kepada Ketua KPK RI, Firli Bahuri. Tanjak yang dikenakan Ketua KPK RI ini adalah Tanjak Tebing  Runtuh yang biasanya diberikan  sebagai penganugrahan kepada para sultan di Kesultanan Riau-lingga dan Deli Serdang.

Kemudian, Tanjak kedua disematkan kepada Ketua u,mum JMSI Teguh Santosa. Tanjak yang disematkan kepada Ketum JMSI itu adalah Tanjak Nahkoda Therong yang biasanya dipakai oleh nahkoda laksamana suku terong yang mengawasi perbatasan kesultanan Riau Lingga.

Selanjutnya, Ketua KPK dan Ketua umum JMSI juga disambut langsung oleh pembina JMSI, Sekda Kepri, Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad dan Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Ketua JMSI Kepri, Eddy Supriatna menjelaskan, pemberian tanjak dan tari silat persembahan itu merupakan bentuk pelestarian budaya Melayu.

Eddy mengharap dengan filosofi dan semangat tanjak kepada kedua tokoh tersebut  diharapkan bisa menjadi semangat tersendiri.

“Kita di Tanah Melayu, kita ingin menunjukkan kebudayaan Melayu. Mudah-mudahan tanjak yang disematkan itu bisa memberikan energi positif bagi tugas kedua tokoh tersebut,” jelasnya.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *