Dandim 0317/TBK Resmikan Kampung Pancasila Bukit Sidomulyo

Dandim 0317 TBK menggunting pita sebagai bukti diresmikannya Kampung Pancasila Bukit Sidomulyo Kecamatan Karimun. (Foto: Riandi)

KARIMUN, RADARSATU.COM – Komandan Kodim 0317/TBK, Letkol Inf. Agus Rediyanto meresmikan Kampung Bukit Sidomulyo RT03/RW04, Kelurahan Tanjung Balai Kota, Kecamatan Karimun menjadi Kampung Pancasila, Rabu (16/3/2022).

Peresmian itu turut dihadiri Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Karimun Sularno, Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano, Kasdim 0317/TBK Mayor Inf. Jekson Siahaan, Dandenpomal Lanal TBK Kapten Laut Mahatma Adhy Pradana.

Perwira Jajaran Dim 0317/TBK, Kasubsi Teknologi Informasi Imigrasi Karimun Gerson, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Karimun Zamzuri, Kapolsek Balai Kota AKP B. Harefa, Camat Karimun, Lurah, Bea dan Cukai dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Dandim 0317/TBK Letkol Inf. Agus Rediyanto menjelaskan, Kampung Pancasila Bukit Sidomulyo ini bernilai sangat strategis dalam upaya memantapkan solidaritas serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga negara yang multi etnis dan agama.

Pencanangan Kampung Pancasila ini merupakan tindak lanjut guna mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat yang jujur akhir-akhir ini semakin tergerus oleh kemajuan zaman dan teknologi tujuan dibentuknya Kampung Pancasila.

“Untuk mempersatukan seluruh komponen bangsa wilayah haruslah kita memiliki visi yang sama sebagai bangsa Indonesia sebagaimana tercantum pada pembukaan undang-undang 1945 ini dapat tercapai bila kita tetap berpegang teguh pada nilai-nilai yang bersama yang ada pada setiap bangsa Indonesia yang tidak lain adalah Pancasila,” jelasnya.

Diharapkan kedepannya Pemerintahan Kabupaten Karimun dapat saling membantu dan saling membangkitkan kembali serta mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sehingga ketuhanan yang maha esa kemanusiaan yang adil dan beradab persatuan Indonesia kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Tercapainya calon-calon pimpinan masa depan bangsa harus mampu menjadi motivator melalui kreatif sehingga Kelurahan Tanjung Balai Karimun dapat menjadi contoh bagi wilayah lain di Kabupaten Karimun sebagai kampung yang dapat menerapkan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila,” katanya.

Sementara itu, Asisten I Pemerintahan Kesra Kabupaten Karimun Sularno menyampaikan terimakasih untuk semua tamu undangan dan masyarakat yang ada di Bukit Sidomulyo para Lurah yang hadir.

“Mudah-mudahan kita selalu di dalam lindungan Allah amin pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah Ta’ala karena kita masih diberi kesempatan dan kesehatan pada pagi yang berbahagia ini sehingga kita bisa hadir dalam peresmian Kampung Pancasila,” ujarnya.

Menurutnya, dalam membentuk Kampung Pancasila yang artinya Kampung ini mulai melakukan  penilaian Pancasila yang dari dulu sebenarnya sudah dapat menerapkan unsur-unsur penilaian dalam Pancasila. Mudah-mudahan dengan diresmikannya kampung Pancasila ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

“Sebenarnya  butir Pancasila kita sudah tau tinggal kita melaksanakan namun tidak tahu apa namanya ada 45 butir Pancasila disitu sila-sila tersebut dan berharap dengan peresmian ini Tentunya nilai-nilai tersebut dapat dikeluarkan ke kampung-kampung sekitarnya,” kata Sularno.

Dikesmpatan itu, Sularno juga menyampaikan bahwa saat ini Kabupaten Karimun jadi level 3 lagi. Oleh kren itu ia mengajak masyarakat untuk selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehtan 5 M.

“Program untuk vaksin kita dalam rangka untuk pencegahan efek yang ditimbulkan oleh apalagi sekarang sudah muncul varian baru Delta Tron,” tambahnya.

Peresmian Kampung Pncasila itu ditandai dengan pelepasan balon ke udara serta pemotongan pita dan dilanjutkan penandatanganan oleh Dandim 0317/TBK yang didampingi oleh unsur FKPD Karimun sebagai bukti diresmikannya Kampung Pancasila Bukit Sidomulyo Kecamatan Karimun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *