Penutupan MTQ, Wan Zuhendra Ajak Masyarakat Cintai Al-Qur’an

Wakil Bupati Wan Zuhendra foto bersama usai Penutupan Musabaqoh Tilawatil Qur’an, Jumat (11/3/2022) malam. (Foto: Gunawan)

ANAMBAS, RADARSATU.COM – Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra menutup perhelatan Musabaqah Tilawatil Qu’ran (MTQ) ke-7 Tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2022 yang digelar di Halaman Masjid Agung Baitul Makmur, Jumat (11/3/2022) malam.

Dalam sambutannya, Wan Zuhendra menyampaikan bahwa kegiatan religi itu merpukan wujud keinginannya untuk memberikan pemahaman terkait ajaran-ajaran yang ada di dalam Al-Qur’an serta menegakkan syariat Islam guna memperkokoh nilai-nilai agama dikehidupan masyarakat.

Menurutnya, Al-Qur’an merupakan sumber petunjuk serta pedoman hidup yang faktual. tiap baitnya berisi nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang unik. Dalam surat  Al-Isra Allah berfirman ayat 9 yang artinya ‘Sesungguhnya Al -Qur’an memberikan petunjuk dengan jalan yang lebih lurus, memberikan kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan amal shaleh bahwa bagi mereka adalah pahala yang besar.

“Patutlah bila Al-Qur’an tidak saja kita akui dan kita imani sebagai kitabbullah, tapi sesungguhnya kita cintai dari lubuk yang paling dalam. Siapa yang ingin mencintai Allah dan rasul-nya, perhatikan lah jika dia mencintai Al Qur’an sesungguhnya dia mencintai Allah dan rasul-nya. Rasulullah SAW juga Bersabda, seseorang yang lancar membaca Al Qur’an akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah SWT.

Baca Juga :  Kunjungan Yayasan STISIP BTM, Sampaikan Jadwal Wisuda Mahasiswa

“Dalam hadits lain Rasulullah SAW bersabda, bahwa Allah menyukai orang-orang yang membaguskan suaranya ketika membaca Al-Qur’an, tidak Allah mendengarkan sesuatu yang sebagaimana dia mendengarkan Nabinya. Membaguskan bacaan Al-Quran dan mengeraskan suaranya HR:Bukhari dan Muslim,” ujarnya.

Wan Zuhendra juga menyampaikan, MTQ Ke-7 Tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas, yang mana telah disaksikan bersama-sama dengan menampilkan qori-qoriah terbaik dari setiap Kecamatan generasi pemuda yang berpotensi keadaan sehat, berlomba meraih prestasi.

Berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul yang kompetitif dan yang taat agama sebagai mana akhlak Rasulullah demikian yang namanya kompetisi pasti ada yang juara dan ada yang belum juara.

“Saya ucapkan selamat kepada para qori dan qoriah meraih peringkat terbaik dibidangnya mansing-mansing, sedangkan yang belum mendapatkan peringkat terbaik teruslah berusaha karena pasti akan berprestasi untuk masa akan datang. Mampu menjadikan pelajaran dan lebih mencintai Al Qur’an, meningkatkan kesadaran agama yang lebih terbuka dan yang pentingnya sebagai bentuk dakwah yang wahana pembentukan mental spiritual masyarakat yang berakhlakul karimah,” katanya.

Baca Juga :  Camat kepulauan Posek Gelar Musrenbang Kecamatan, Ada 3 Prioritas

Wan menjelaskan, visi-misi Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2021 hingga 2026 bahwa telah bersungguh-sungguh mengupayakan suasana riligius. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas untuk mencintai dan mengamalkan isi didalam Al-Qur’an dikehidupannya sehari-hari.

“Kegiatan MTQ ini merupakan salah satu program pemerintah dalam visi-misinya yang menciptakan suasana religi. Dengan digelarnya kegiatan ini, diharapkan masyarkat dapat lebih mencintai serta mengamalkan ajaran islam yang ada didalam alqur’an. Jangan kegiatan ini selesai lalu mengabaikannya namun tetap menjiwainya,” jelasnya.

Menurutnya, hal tersebut merupakan tanggung jawab berat untuk Pemerintaha Daerah, Lembaga Pengembangan, Lembaga Tilawati Qur’an dan para alim ulama di Kepulauan Anambas. Seluruh masyarakat tentunya gagasan soal pembinaan umat terutama para qori dan qoriah perlu penjabaran dalam program yang lebih kongkrit untuk dilapangan dan perlu dioptimalkan lagi begitu juga dengan anggaran yang mencukupi.

Baca Juga :  Pemprov Ingin Hasilkan Atlet Berkualitas Melalui Tenis Meja Kepri 2018

“Kami terbuka, menerima saran dan masukan serta mendorong para Camat, Kelurahan dan Kepala Desa lembaga dakwah untuk berinovasi dalam lahirnya Al-Qur’an yang tak hanya tanggung dalam membaca Al-Quran tapi harus cerdas secara ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujarnya.

Wan menambahkan, MTQ Ke-7 ini menjadi momentum serta menjadi persiapan Kabupaten Kepulauan Anambas yang dipercaya sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan MTQ Ke-9 Tingkat Provinsi Kepri pada 6 hingga 12 Juni 2022 mendatang.

“Mari kita kerja bersama panitia yang sudah ditunjuk organisasi perangkat daerah yang diberikan tanggungjawab dan masyarakat untuk bahu-membahu mensukseskan MTQ tingkat Provinsi nantinya,” tambahnya.

Penutupan tersebut turut dihadiri Pimpinan DPRD Kepulauan Anambas, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Lanal Tarempa, Polres Tarempa, Kacabjari, Pabung Kodim 0318/Natuna, Sekda Anambas, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kemenag, LAM, MUI Kepulauan Anambas, Ketua beserta Anggota PKK, Camat se-kabupaten Anambas, Kades beserta BPD se-kabupaten Anambas dan peserta Kafilah se-kecamatan Anambas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.