Kepri Dipercaya Jadi Tuan Rumah Lokakarya Nasional di HKG PKK Tingkat Nasional ke-50

Sekretaris II PKK Pusat Rina Syahrini saat diwawancarai awak media di Hotel CK Tanjungpinang, Senin (7/3/2022) (Foto: Istimewa)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kembali dipercaya menjadi tuan rumah Lokakarya Nasional PKK “Berbakti untuk Bangsa dan Berbagi Bersama” dalam Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tingkat Nasional ke-50.

Kegiatan yang digelar di Hotel CK Tanjungpinang itu menjadi momen meningkatkan pemahaman terhadap berbagai program serta peran PKK, khususnya di Kepri dengan mewujudkan keluarga Indonesia berkarakter.

Sekretaris II PKK  Pusat Rina Syahrini mengatakan, saat ini PKK tidak lepas dari mitra pemerintah. Menjadi fasilitator, perencana dan pelaksanaan berbagai program, penggerak  pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Untuk itu, setiap pelaksanaan program PKK yang dijalankan bertujuan mencapai visi dan misi PKK guna menjawab isu dan dan tantangan yang dihadapi TP PKK saat ini khususnya Pandemi COVID-19.

“Terdapat beberapa program PKK yang harus diterapkan oleh seluruh keluarga Indonesia dalam mewujudkan keluarga Indonesia yang kuat dan berkarakter mulai dari peningkatan pola asuh anak dan remaja di dalam keluarga,” katanya, Senin (7/3/2022).

Peningkatan keluarga Indonesia yang sadar administrasi kependudukan. Meningkatkan peran aktif dalam mencegah tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak serta beberapa program penguatan keluarga lainnya.

“Melalui berbagai program PKK tersebut diharapkan dapat menciptakan keluarga-keluarga di Indonesia memiliki karakter yang kuat. Agar terciptanya generasi muda Indonesia yang tak hanya sehat , cerdas juga mampu menjadi pemimpin masa depan,” ujarnya.

Salah satu program unggulan PKK tahun 2022 ini yaitu ‘Gelari Pelangi’ yang merupakan program unggulan TP PKK sebagai strategi mengakselerasi perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan dan ekonomi keluarga di Indonesia secara terpadu.

“Dalam ‘Galeri Pelangi’ terdapat tiga program khusus. Seperti gerakan gemar membaca, peningkatan kualitas pendidikan keluarga, dan penguatan ekonomi keluarga,” jelasnya.

Untuk program, pangan, sandang dan perumahan PKK lanjut dilaksanakan pula program ‘Aku Hatinya PKK’. Program ini memberikan arti yaitu amalkan dan kukuhkan halaman asri teratur indah dan nyaman.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan konsep inspeksi guna memantau perkembangan yang dilakukan masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan yang diartikan sebagai upaya pengelolaan pekarangan melalui pendekatan terpadu.

Berbagai jenis tanaman, ternak dan ikan, sehingga akan menjamin ketersediaan bahan yang beraneka ragam secara terus menerus, guna pemenuhan gizi keluarga. Serta berbagai Program PKK lainnya dalam rangka gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana.

“Kedepannya di harapkan para penggerak PKK saat ini khususnya Provinsi Kepri meningkatkan SDM. Harapanya TP PKK berkompeten dan adaptif dalam menjalankan perannya melayani masyarakat,” tambahnya.

(prb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *