Masyarakat Kuansing Bangga Pacu Jalur Masuk Event Nasional Tahun 2022

Jalur Limbago Sati Rantau Kuantan saat berpacu. (Foto: Hamdan)

KUANSING, RADARSATU.COM – Dinas Pariwisata Provinsi Riau saat ini telah mengusulkan sebanyak 10 event pariwisata Riau ke Kementerian Pariwisata dan ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan ekonomi kreatif( Kemenparekraf/Baperekraf).

Adapun 10 usulan tersebut diantaranya, Kenduri Riau Pekanbaru, Festival Rupat Running 10 K Bengkalis, Festival Subayang Kampar, Festival Bono Pelalawan, Kemudian, Festival Pacu Jalur Kuantan Singingi.

Festival Perang Air Kepulauan Meranti, Tour de Siak, Festival Bagan Heritage Rokan Hilir, Festival Benteng 7 Lapis Rokan Hulu dan Bandar Serai Festival Pekanbaru.

“Dari ke 10 usulan tersebut yang telah masuk ditahap kurasi Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2022. Keputusan Kementerian Pariwisata dan ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan ekonomi kreatif( Kemenparekraf/Baperekraf) maka kemarin terpilih dan lolos ketahap ditetapkannya sebagai even Nasional, provinsi Riau Dari 3 Karisma event Nasional Pacu Jalur merupakan salah satunya,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Indra Suandy.

Indra Suandy menjelaskan, dari Keputusan Kemenparekraf bahwa Pacu Jalur yang masuk ditahap KEN tahun 2022. Hari ini berhasil dan lolos ke tahap lanjutan dimana sudah ditetapkannya sebagai kegiatan Event Nasional yang sebelumnya bernama CoE 100 wanderful event Nasional.

Adapun dari 3 Event tersebut adalah Bandar diantaranya, Serai Festival, Kenduri Riau, Festival Pacu Jalur.

“Alhamdulilah atas dukungan PLT Bupati kita Bapak Suhardiman Amby. Pada tahun ini festival pacu jalur kembali lagi menjadi event Nasional yang sebelumnya pada tahun lalu hanya satu yang masuk menjadi event Nasional yaitu Festival Pulau Rupat ucapnya Bersyukur,” jelasnya.

Dengan ditetapkannya fastival pacu jalur menjadi Event Nasional ini juga merupakan salah upaya pemerintah dalam mendorong kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia.

Pasca ditetapkannya sebagai event Nasional oleh Kemenparekraf ini, dapat membantu menggerakkan dan memulihkan perekonomian nasional yang terpuruk akibat pandemi COVID-19 Kuansing.

“Kita berharap, atas dukungan masyarakat kuansing pacu jalur tahun 2022 ini. Say juga menghimbau masyarakat Kuasing agar patuh dan disiplin dalam melaksanakan prokes serta melaksanakan vaksin dan pencapaian 100 persen,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *