Rohil  

Cegah Banjir, DLH Rohil Normalisasi Parit Sungai Garam dan Parit Sungai Pabrik

ROHIL, RADARSATU.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir menurunkan satu unit alat berat untuk menormalisasi aliran parit Sungai Garam dan Sungai Pabrik, Rabu (18/8/2021).

Normalisasi parit itu untuk menghindari terjadinya banjir seperti tahun sebelumnya, apalagi di bulan Agustus ini intensitas hujan tinggi.

Kepala DLH Suwandi mengatakan, Bupati Rohil Afrizal Sintong memerintahkan normalisasi parit Sungai Garam sepanjang 2 KM. Namun, pekerjaan tidak berjalan lancar akibat bangunan rumah milik warga yang didirikan di sepanjang bantaran parit.

“Sementara, kendala saat melakukan normalisasi sendiri di halangi rumah warga yang membangun rumah di tepian parit di Sei Garam,” ungkap Suwandi, Rabu (18/8/2021).

Baca Juga :  Kunjungi Puskesmas Bangko Jaya, Wabup Rohil Pastikan Pelayanan Berjalan Prima

Lanjut Suwandi, untuk itu di ujung parit Sei Garam akan dilakukan penggalian secara manual akibat terjadinya pendangkalan oleh air pasang surut yang membawa lumpur pada kedua parit tersebut.

Suwandi berharap dengan normalisasi, parit yang terganggu aliran airnya bisa kembali normal sehingga Rohil khususnya Bagansiapiapi terbebas dari kebanjiran.

(Anthony)
Editor: Patar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *