Ombak Laut Tinggi Robohkan Rumah Warga Di Natuna

NATUNA,RADARSATU.COM – Dua unit rumah di kawasan pesisir Kelurahan Ranai, Kabupaten Natuna, roboh akibat dihantam ombak tinggi sekitar pukul 01.20 WIB malam, Rabu (13/1).

“Kami terima laporan sekitar pukul 01.20 WIB. Dua unit rumah warga roboh disapu ombak,” kata Kepala Seksi Kedaruratan, Logistik, Rehabilitasi dan Rekonstruksi Bidang Penanggulangan Bencana di Dinas Pemadam Kebakaran Natuna Elkadar Lismana.

Elkadar menyebut setelah menerima laporan itu, pihaknya langsung turun ke lokasi kejadian untuk melakukan proses evakuasi.

Proses evakuasi baru bisa dilakukan sekitar pukul 05.00 WIB pagi, karena terkendala ombak tinggi dan gelap malam.

“Kami merapikan puing-puing rumah yang sudah hancur. Tapi baru satu rumah, satu rumah lainnya masih menunggu izin pemilik rumah, karena sedang tidak ada di tempat,” ungkapnya.

Lanjut dia, salah satu dari dua pemilik rumah terkena dampak ombak tinggi tersebut ialah warga bernama Ujang.

Saat ini Ujang dan keluarganya sudah mengungsi di rumah tetangga agar lebih aman.

“Kami tengah berkoordinasi dengan pemerintah terkait untuk memperbaiki rumah Pak Ujang,” tuturnya

Elkadar mengatakan bahwa kondisi cuaca di perairan Natuna kini sedang ekstrem. Gelombang laut diperkirakan mencapai ketinggian 6 hingga 9 meter dipicu angin kencang dan hujan deras.

Pihaknya turut mengimbau warga yang tinggal di kawasan pesisir agar mengungsi dulu ke rumah tetangga atau naik ke darat, sebab tidak sedikit rumah warga pesisir sudah dalam kondisi miring imbas diterjang ombak tinggi.

“Warga pesisir juga patut waspada bencana puting beliung yang berpotensi terjadi saat cuaca ekstrem seperti ini,” imbuhnya.

(Mn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *