Pemdes Landak Serahkan BLT DD Tahap 4 Kepada 36 Warga

ANAMBAS – Pemerintah Desa (PemDes) Landak kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai ( BLT-DD) tahap I periode kedua kepada 36 warga yang terdampak Covid-19 di balai pertemuan Desa Landak, Rabu (26/8/2020) pagi.

Selama acara berlangsung, penerapan protokol kesehatan jaga jarak serta memakai masker tetap diutamakan.

Sekretaris Camat Jemaja Wan Iwan Marzuni menyampaikan, bantuan langsung tunai ini adalah program pemerintah dalam memberikan bantuan bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 melalui Dana Desa.

Dalam bantuan ini pemerintah berusaha memberikan sedikit keringanan kepada masyarakat yang menerima bantuan yang diberikan dan diserahkan secara bertahap.

“Bantuan diberikan secara bertahap, jadi masyarakat untuk dapat bersabar. Bantuan tetap disalurkan kerena sudah menjadi program pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19,” katanya.

Ditambahkan Wan Iwan Marzuni, selain pemerintah pusat, setiap daerah juga menyalurkan bantuan covid tersebut. Begitu juga yang saat ini dilakukan desa untuk berperan dalam membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 yang telah di Anggarkan melalui Dana Desa (DD).

Lanjut Iwan Marzuni, selama bantuan ini diberikan tetap mengikuti aturan terkait penyaluran bantuan covid baik besar nilai yang diberikan begitu juga berapa bulan yang akan disalurkan bantuan kepada masyarakat.

“Dalam penyaluran tetap mengikuti aturan yang telah ditetapkan dalam penyaluran bantuan covid, baik barapa nilai yang diberikan dan berapa bulan yang akan disalurkan,” ujarnya.

Sementara Kepala Desa Landak Amirullah mengatakan Pemerintah Desa dalam penyaluran bantuan langsung tunai ( BLT) yang awalnya diberikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 sebesar 600 ribu selama tiga bulan sebelumnya terhitung dari April hingga Juni 2020 lalu pada periode tahap 4 atau periode kedua tahap I ini diserahkan separuh dari nilai sebelumnya yakni 300 ribu rupiah.

” Agar masyarakat tau bahwasannya bantuan langsung tunai dari Dana Desa ( BLT-DD) ada pengurangan sebesar 300 ribu Rupiah dari bantuan yang sebelumnya diserahkan sebesar 600 ribu rupiah pada periode pertama lalu,” tutur Amirullah.

Sebab kata Amirullah, masyarakat dapat memahami hal ini agar tidak menimbulkan pertanyaan di saat usai penyaluran diserahkan nantinya. Jelas Amir

Amirullah juga menjelaskan, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT-DD) periode kedua tahap satu ini akan disalurkan hingga bulan September mendatang sebesar 300 ribu per satu kepala keluarga sebagai penerima.

Amir berharap, apa yang dilakukan pemerintah dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang menerima untuk dapat dipergunakan sebaik-baiknya.

Pantauan di saat acara berlangsung, dalam acara tersebut di hadiri oleh Camat Jemaja di wakili Sekretaris Camat Wan Iwan Marzuni, Bhabinkamtibmas dari Polsek Jemaja, Bhabinsa Desa Landak anggota Koramil 04 letung Kecamantan Jemaja Sersan Dua Suwarno, BPD Desa Landak Alizar, Pendamping Lokal Desa ( PLD) Jonaidi. Serta masyarakat yang penerima bantuan BLT-DD tahap satu periode kedua.

Penulis: Hariyadi
Editor: Taufik. K

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *