Pertama kali, Kapal Tol Laut Tiba di Jemaja

Kapal Tol Laut Logistik Nusantara IV

ANAMBAS, – – Logistik Nusantara IV, kapal tol laut via pulau Jawa, untuk pertama kalinya bersandar di Pelabuhan Letung, Jemaja Kabupaten Anambas, Minggu (26/1/20).

Kapal tol tersebut membawa enam kontainer dengan bobot masing-masing 19 ton yang memuat berbagai material seperti alat bangunan dan bahan pokok lainnya.

Bupati Kepulauan Anambas, H Abdul Haris beserta masyarakat Kecamatan Jemaja melakukan doa bersama dan tepung tawar menyambut kedatangan Kapal Tol Laut yang mengangkut Material dan Sembako

Berbagai penyambutan pun dilakukan oleh masyarakat setempat. Diiringi doa dan tepung tawar tampak menghiasi pelabuhan Letung, Jamaja.

Bupati Abdul Haris bertemu masyarakat

Tampak Bupati dan Rombongan di sambut langsung oleh Camat Jemaja Abdullah Sani dan perangkat kecamatan lainnya.

Bupati Abdul Haris dalam sebutannya menyampaikan kedatangan kapal tol ini tentu dapat memenuhi ketersediaan kebutuhan logistik bagi masyarakat di Pulau Jemaja.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Dukung Konversi Bank Riau Kepri Menjadi Syariah

“Kita berharap sembilan bahan pokok untuk masyarakat di Pulau Jemaja tersedia dengan adanya Kapal Tol Laut ini,” sebutnya.

Selain itu, Bupati juga merencanakan untuk memanfaatkan Tol laut dapat mengekspor hasil Jemaja untuk di ekspor ke Pulau Jawa.

“Tol laut ini bukan sekedar mengantarkan barang aja ke pelabuhan letung harus ada timbal baliknya agar barang yang ada di jemaja bisa di bawa keluar daerah,” pungkasnya

.

 

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Anambas, Usman mengatakan masuknya Kapal Tol Laut di Pelabuhan Letung untuk pertama kalinya sebagai awal yang baik bagi perekonomian masyarakat setempat.

“Saat ini pesanan lebih banyak semen dan triplek terhadap pemesanan melalui jasa Tol Laut yang dilakukan oleh pengusaha di Jemaja. Semoga kedepannya ada penambahan dengan pesanan barang barang lainnya,” ujar Usman.

Baca Juga :  Stok Bahan Pokok Tanjungpinang Akhir Tahun Stabil

Usman menambahkan, masuknya Kapal Tol Laut di Jemaja mampu meningkatkan ekonomi masyarakat. “Setidaknya selalu ada ketersediaan barang serta menurunkan harga barang sekurang kurangnya harga barang bisa stabil,” harap Usman.

Sementara Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan perindustrian, Dahlia Harisa menyebut kedatangan kapal tol laut di pelabuhan Letung disambut baik oleh masyarakat khususnya buruh pelabuhan.

Menurut Dahlia, para buruh langsung melakukan pembongkaran berhubung kapal hanya dua hari bersandar di pelabuhan.

“Kapal sandar dua hari di pelabuhan letung jadi hari ini kontainer sudah mulai dibongkar oleh petugas buruh pelabuhan,”

Baca Juga :  Alat Pelindung Diri Tenaga Medis Covid-19 Kepri Mencukupi

Kapten Kapal Tol Laut Logistik Nusantara 4 Heri Sasongko menyampaikan Kapal tiba dan sandar di pelabuhan letung lebih kurang pukul 07.15 WIB pagi ini.

Kapal Tol Laut berbobot GT.3040 bernomor lambung kapal, 0031/SGP 2018, Pst No.9701/L dan IMO 9474979. Menempuh perjalanan lebih kurang tiga hari sembilan jam Sampai tiba di pelabuhan letung.

“Perjalanan kita dari Jakarta ke pelabuhan letung kurang lebih Tiga hari sembilan jam kita berangkat pada hari Rabu dari Jakarta,” imbuh Heri. (Hery)

Editor: Taufik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.