Ada Aroma Busuk Tercium di Dompak

Sampah yang berserakan di sekitar ruas jalan di Dompak.

TANJUNGPINANG – – Bau busuk menyeruak dari tumpukkan sampah di sekitaran ruas Jalan Raya Dompak menuju Jalan Lintas Tanjungpinang Kijang, hal ini membuat warga sekitar yang lewat mengeluh.

Seorang warga Kecamatan Bukit Bestari mengaku mengeluh dengan bau busuk yang menyengat dari tumpukan sampah itu.

“Bau, setiap kita lewat baunya menyengat apalagi kalau di pagi hari, apalagi sampahnya udah menumpuk sebanyak itu,” keluh salah satu warga yang tak ingin disebutkan namanya saat ditemui di lokasi.

Lanjutnya, bau tersebut disebabkan karena tidak tersedianya bak sampah pada area itu, sehingga menyebabkan warga membuang sampah sembarang tempat.

“Warga menumpuk sampah dimari karena nggak ada bak sampah, masak mau buang sampah harus ke batu 5 atau ke Bincen. Makanya, setidaknya di setiap RW itu pemerintah meletakkan satu bak sampah biar warga itu nggak sembarangan buangnya,” ujar warga tersebut.

Hal senada juga dikatakan Mona, warga Kijang yang sehari-hari pergi bekerja melalui jalan tersebut.

“Kalau baunya itu paling menyengat itu di pagi hari ya, mungkin karena masih lembab, selain bau timbunan sampah itu juga membuat pemandangan jalan jadi jelek, karena tepat di tepi jalan” katanya.

Sementara Lurah Dompak, Heri mengatakan pembuangan sampah sembarangan ini sudah lama berlangsung, dan pelaku itu bukan warganya sendiri.

“Kita sudah sering buat spanduk, udah kita turunkan alat berat juga, kemarin juga saya udah koordinasi sama Bhabinkamtibmas apakah yang buang sampah itu kita tangkap, karena udah berulang-ulang terjadi seolah-olah tempat itu jadi pembuangan,” katanya, Minggu (26/1).

Heri juga mengatakan, sebelumnya ia sudah pernah mengusulkan penambahan bak sampah ini kepada Dinas Perkim Kota Tanjungpinang.

“Itukan badan jalan umum, jadi tidak disediakan. Tahun 2018 kita udah ajukan ke Dinas Perkim 4 Bak sampah, tapi kita dapat 2 bak sampah yang kita lektakkan di tanjungsiambang 1 dan Dompak lama 1,” ujarnya

Dalam hal ini pun pihaknya akan meminta pihak RT/RW untuk menugaskan beberapa orang yang akan berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas untuk melakukan pengawasan di titik-titik rawan pembuangan sampah sembarangan pada bulan Februari mendatang. (Nuel)

Editor: Ilham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *