APBD Kabupaten Lingga Tahun 2020 Meningkat Menjadi Rp 1,107 Triliun

LINGGA, – – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lingga, menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi terhadap rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang penanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun 2020 bertepat di Replika Istana Damnah Daik Lingga, Jum’at (29/11/2019).

Dalam penyampaiannya juru bicara badan anggaran (Banggar) DPRD Lingga, Raja muchsin SE, mengatakan laporkan hasil pembahasan bersama TAPD beberapa waktu lalu yang diperoleh hasil rekapitulasi berupa belanja tidak langsung yang berjumlah lebih dari Rp500 milyar, belanja langsung juga lebih dari Rp500 Milyar, serta penyertaan modal sebesar Rp5 Milyar. Dengan total keseluruhan APBD sebesar Rp1,107 Triliun untuk tahun 2020.

Selain itu, ada beberapa catatan dari banggar, menurut dia RAPBD ini saat disetujui oleh dewan, yang harus menjadi harapan kedepannya bisa menyasar pembangunan untuk lebih diperjelas.

“Belanja daerah itu telah selaras dengan estimasi PAD Rp39,420 Milyar Rupiah” kata juru bicara banggar Raja muchsin SE, Sabtu (30/11/2019).

Dan dapat meningkatkan kualitas tenaga pendidik terutama di wilayah hinterland, memperhatikan kebutuhan dasar terhadap tingginya biaya hidup di Kabupaten Lingga,

Sementara itu, Bupati Lingga Alias Wello mengatakan total APBD tahun 2020 sebesar Rp1.107.433.737.460. Dia berharap dengan telah disahkannya APBD ini, pembangunan di Kabupaten Lingga bisa berjalan dengan baik dan mampu mendatangkan manfaat kepada masyarakat.

Lanjut dia, eksekutif harus bisa menggerakkan sektor riil yang saat ini stagnan, melakukan inovasi demi mengurangi ketergantungan terhadap dana transfer dengan mempersiapkan SDM yang berkualitas, serta regulasi investasi yang lebih cepat dan mudah.

“Harapan kita seperti 16 tahun kita berdiri, inilah tahun-tahun puncak yang akan menentukan arah kebijakan pembangunan  kita, dengan prioritas sektor unggulan tanpa mengesampingkan sektor pelayanan dasar,” pungkasnya.

Laporan: Agus Salim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *