2018, Pemerintah Siapkan Program Inovasi Desa – Tingkatkan Kinerja SDM Desa

Sardison
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Cataan Sipil Provinsi Kepri, Sardison (F.ist)

TANJUNGPINANG,- – Terkait masih rendahnya capaian pengelolaan dana desa sejak beberapa tahun belakangan ini, Pemerintah melalui Kementrian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi membuat program baru di tahun 2018 yakni Program Inovasi Desa.

Yangmana, Program Inovasi Desa (PID) ini merupakan program yang dibuat untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia SDM Desa melalui sosialisasi dan pelaksanaan PID tersebut.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Catatan Sipil Provinsi Kepri H Sardison di Tanjungpinang,Selasa (18/9).

“Namun sebelum menjalankan Program ini dibutuhkan dibentuknya Tim Inovasi Kabupaten (TIK) serta Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) disetiap desa,” ungkap Sardison.

Yang bertugas untuk menjalankan program PID melalui penyelenggaraan Musyawarah Antar Desa (MAD).

“Sehingga tercapai tiga sasaran pembentukan PID ini yakni peningkatan Infrastruktur, Peningkatan SDM yang berkualitas serta kewirausahaan,” tegas Sardison.

Sardison mengatakan bahwa untuk mendukung Program ini, Kementrian Desa menyiapkan anggaran sekitar Rp 409.995.008.109 untuk dapat menjalankan program ini.

“Untuk itu, agar Program ini dapat segera diterapkan di Provinsi Kepri, maka seluruh kepala daerah harus cepat menetapkan dan mengeluarkan SK TIK dan TPID yang bertugas menjalankan program ini,” ujar Sardison.

Sehingga kedepannya, dengan adanya SDM yang menggelola anggaran desa yang berkualitas mampu mencapai target pembangunan desa yang diharapkan pemerintah melalui program Dana Desa ditahun mendatang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *